Ad

ad728
  • News

    Catat! 5 Rutinitas Pagi Hari untuk Hidup Bahagia

    Catat! 5 Rutinitas Pagi Hari untuk Hidup Bahagia ditulis oleh: Meylani.Aryanti. Estimasi waktu baca artikel ini adalah: . Selamat Membaca..

    Rutinitas atau kebiasaan yang kamu lakukan di pagi hari dapat menentukan tingkat kebahagiaanmu selama satu hari penuh.

    Di artikel ini, aku akan membagikan beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan kebahagiaan selama satu hari penuh.


    Aku adalah tipikal orang yang percaya bahwa kebahagiaan merupakan sesuatu yang dapat diusahakan sendiri. Kebahagiaan merupakan perasaan yang muncul dari dalam diri. Namun begitu, ada beberapa hal dari luar diri kita yang dapat dilakukan untuk memunculkan kebahagiaan.

    Hal-hal yang sebenarnya sangat sederhana dan tidak memerlukan materi besar untuk memperolehnya. Hanya dengan usaha, ketekunan, disiplin, dan sedikit paksaan di awal, maka kebahagiaan bisa dirasakan sepanjang hari. Ayo, simak daftar berikut ini dan langsung praktekkan!


    1. Bangun Pagi

    Kalau kebiasaan yang satu ini ditujukan khusus untuk kamu yang tidak terbiasa bangun pagi. Cobalah untuk bangun lebih awal dari kebiasaan kamu selama ini. Bangun pagi memberikan lebih banyak energi pada tubuh. Menurut banyak sekali penelitian, orang-orang yang bangun pagi merupakan orang-orang yang memiliki tingkat produktivitas lebih tinggi.

    Selain produktivitas, bangun pagi akan membuat kamu bebas dari stress dan rasa gelisah. Sebab hal ini memberikan kamu waktu yang lebih banyak untuk mempersiapkan apa saja yang akan kamu lakukan pada hari itu. Jadi tidak akan ada lagi ketakutan akan terlambat atau ketinggalan sesuatu.

    Bila kebiasaan kamu selama ini adalah bangun tidur di jam 8 pagi ke atas, sebaiknya jangan langsung menetapkan diri agar bangun pada pukul 5 pagi. Cobalah bangun lima belas menit lebih awal dulu. Seiring berjalannya waktu, intensitasnya bisa kamu tambahkan hingga kamu bisa bangun sendiri pada pukul lima pagi.


    2. Minum Air Putih Hangat

    Banyak banget youtuber yang menyarankan agar segera mengkonsumsi air putih hangat begitu bangun dari tidur pada pagi hari.

    Tubuh yang tertidur selama beberapa jam tanpa asupan cairan memerlukan semacam pendorong untuk mengaktifkan metabolismenya. Air putih hangat inilah yang sangat baik membantu melakukan hal tersebut.

    Bila kamu yang suka dengan rasa asam, menambahkan perasaan lemon akan memberikan efek penyegaran. Namun bila kamu tidak terbiasa dan baru memulainya, air putih hangat saja sudah cukup.


    3. Stretching

    Aku yakin gerakan pemanasan bukanlah sebuah hal yang asing lagi. Saat masih sekolah dulu, gerakan pemanasan wajib dilakukan sebelum memulai pelajaran olahraga.

    Dan hingga saat ini, aku masih sering melakukan gerakan pemanasan itu di pagi hari untuk meregangkan otot-ototku yang terasa kaku setelah semalaman berada pada posisi yang sama.

    Gerakan-gerakan sederhana ini akan membantu mempersiapkan otot-otot tubuh untuk melakukan aktivitas yang biasanya cukup berat di pagi hari. Terutama untuk para wanita yang sudah berumah tangga.


    4. Menulis Jurnal

    Aku menyarankan ini bukan karena aku suka menulis. Tapi karena kegiatan menulis memang menjadi pilihan yang terbaik untuk memulai hari.

    Di pagi hari, hal terbaik yang bisa kamu berikan kepada dirimu sendiri adalah menulis jurnal. Tuliskanlah di dalam sebuah jurnal hal apa saja yang menjadi ketakutan, kecemasan, mimpi-mimpi menganggu pada malam sebelumnya, atau bahkan apa yang ingin kamu capai pada hari itu.

    Menulis jurnal akan membuatmu merasa ringan dan siap menjalani hidup selama satu hari penuh. Sebab, semua pemikiran dan anak-anak dari pemikiran itu sudah kamu tuangkan dalam jurnal. Jadi sebagai gantinya, kamu dapat memberikan fokus pada tugas dan kewajiban utama kamu selama satu hari itu.


    5. Sarapan

    Memberikan tubuh kamu asupan makanan yang bergizi di pagi hari merupakan pilihan paling bijak. Sarapan memberikan banyak energi untuk tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

    Sarapan bahkan dapat membantu kamu yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi makanan seimbang di pagi hari, tubuh tidak akan menjadi "rakus" pada siang hari. Sehingga jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dapat tetap dikendalikan.

    Semua kebiasaan yang aku sebutkan di atas tidak lantas harus kamu lakukan sekaligus. Biarkanlah tubuh kamu terbiasa terlebih dahulu dengan memilih kebiasaan yang kamu anggap ringan. Bila stretching masih sulit kamu lakukan setiap hari di pagi hari, cobalah untuk melakukannya dua atau tiga kali dalam seminggu dulu.

    Oh ya, kira-kira kebiasaan mana saja yang sering kamu lakukan? Boleh share di kolom komentar. Terimakasih banyak. 

    Terimakasih telah membaca Catat! 5 Rutinitas Pagi Hari untuk Hidup Bahagia, jangan lupa tinggalkan reaksi & komentar kalian di bawah ini. Jika kalian suka dengan artikel ini, support penulis dengan cara share artikel ini ke sosmed kalian 😊
    Meylani.Aryanti

    Tidak ada komentar

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.