Ad

ad728
  • News

    Mau Produktif? Ikuti Langkah-langkah Ini!

    Mau Produktif? Ikuti Langkah-langkah Ini! ditulis oleh: Meylani.Aryanti. Estimasi waktu baca artikel ini adalah: . Selamat Membaca..

    Aku yakin menjadi produktif adalah impian semua orang. Menyelesaikan semua rencana yang sudah disusun sesuai jadwal atau bahkan mendahului jadwal yang ditentukan merupakan sebuah kemewahan. Tetap mempertahankan sikap produktif dalam kondisi apapun membawa banyak manfaat. Selain membuat semua rencana yang sudah kamu susun terlaksana tepat waktu, kamu juga akan menjalani hidup jauh dari rasa stress.

    Akan tetapi, apa yang bisa dilakukan agar bisa produktif di tengah-tengah dunia yang bising ini? Tenang. Berikut ini aku akan membagikan tips mudah agar tetap bisa produktif. Yuk disimak baik-baik.

    source: pinterest

    1. Membuat Prioritas

    Kayaknya membuat prioritas adalah kegiatan yang paling sering aku sebut di artikel-artikel aku sebelumnya. Ya, karena memang membuat prioritas merupakan cara yang sangat ampuh untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Buatlah prioritas untuk kegiatan-kegiatan yang memang menjadi tugas utama kamu. Lakukan tugas-tugas ini terlebih dahulu. Tugas lain yang memang kurang penting, bisa kamu kerjakan setelah tugas utama kamu beres. Bahkan ketika baru mulai menentukan prioritas saja sudah membuat setengah beban kamu terangkat. Apalagi saat kamu benar-benar melaksanakannya. Semuanya akan terasa mudah.


    2. Jauhkan Gangguan

    Boleh percaya atau tidak, media sosial merupakan pengganggu nomer satu untuk produktivitas kamu. Bagaimana tidak, setiap kali muncul notifikasi dari salah satu sosial media kamu, maka kamu nggak akan segan-segan mengentikan apapun yang sedang kamu kerjakan dan langsung mengecek notifikasi itu. Benar tidak? Maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar bisa produktif adalah dengan mematikan untuk sementara notifikasi sosial media kamu. Tentukanlah waktu tertentu untuk kamu memeriksa sosial media kamu. Misalnya di sore hari setelah selesai bekerja atau malam hari sebelum tidur. Pilihlah waktu yang sesuai dengan keinginan kamu.


    3. Terapkan Hukum Parkinson

    Pernah nggak kamu diberi sebuah tugas dan diminta menyelesaikannya dalam waktu satu jam dan kamu mampu melakukannya dengan baik serta tepat waktu? Atau di lain kesempatan kamu diminta melakukan tugas yang sama dengan waktu yang lebih panjang dan kamu menyelesaikannya dalam waktu yang lama pula? Kira-kira begitulah cara kerja Hukum Parkinson. "Jika kamu menunggu hingga menit terakhir, hanya perlu satu menit untuk melakukannya" kutipan ini adalah kutipan khas dari Hukum Parkinson. Jadi cobalah untuk menerapkan hukum ini dalam melaksanakan tugasmu. Berikanlah waktu sesingkat yang kamu bisa untuk menyelesaikan tugas yang menjadi prioritasmu. Misalnya, kamu diberikan waktu tiga bulan menulis skripsi, cobalah untuk mempersingkatnya menjadi sebulan. Dengan sendirinya, kamu akan menemukan segala cara yang diperlukan untuk menyelesaikannya.

    Ada banyak hal yang mempengaruhi produktivitas seseorang. Salah satunya adalah kondisi mental yang bisa jadi sedang tidak stabil. Untuk yang satu ini cobalah melakukan meditasi selama lima belas menit untuk mendapatkan pikiran yang lebih tenang.

    Waktu yang kamu pilih dalam menyelesaikan tugas-tugasmu juga dapat menentukan tinggi atau rendahnya tingkat produktivitas kamu. Saat yang paling baik untuk produktivitas adalah di pagi hari hingga jam makan siang. Cobalah untuk mempertimbangkan hal ini juga.

    Pada intinya yang dibutuhkan adalah kesungguhan. Meski sudah menyusun rencana yang bagus tapi kamu sendiri yang nggak serius melaksanakannya, maka nggak akan ada gunanya semua tips yang aku bagikan di atas. Baiklah. Selamat mencoba dan semangat ya!



    Terimakasih telah membaca Mau Produktif? Ikuti Langkah-langkah Ini!, jangan lupa tinggalkan reaksi & komentar kalian di bawah ini. Jika kalian suka dengan artikel ini, support penulis dengan cara share artikel ini ke sosmed kalian 😊
    Meylani.Aryanti

    Tidak ada komentar

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.