Ad

ad728
  • News

    Pelajaran Berharga dari Pandemi Covid 19

    Pelajaran Berharga dari Pandemi Covid 19 ditulis oleh: Meylani.Aryanti. Estimasi waktu baca artikel ini adalah: Berdasarkan kecepatan baca rata-rata 265 kata/menit. Selamat Membaca..

    Belakangan ini, sejak mulai aktif lagi di Facebook, aku menemukan banyak sekali curahan hati orang-orang tentang betapa sulit hidup mereka sejak virus Corona mulai merebak di seluruh dunia. Banyak yang mengumumkan bahwa mereka sudah bangkrut. Bahkan beberapa mengatakan mulai kesulitan memenuhi kebutuhan pokok. Benarkah itu? Beberapa aku yakin memang jujur dengan keadaan mereka. Akan tetapi beberapa lainnya, aku merasa ragu dengan pernyataan mereka.

    Dunia selalu mengalami bencana yang membuat penduduknya seolah-olah lumpuh dan nggak bisa berbuat apapun. Bencana alam, perang, dan yang sekarang sedang berlangsung adalah penyebaran virus yang belum ditemukan obatnya. Sejarah sudah membuktikan bahwa penduduk bumi ini selalu bisa melewati itu semua. Dan selama berada di lingkaran bencana itu selalu ada pelajaran berharga yang bisa dipetik dan mampu mengubah jalan hidup dan pandangan hidup.

    source: pinterest

    Selama masa pandemi Corona ini, ada beberapa hal yang bisa aku ambil sebagai pelajaran yang sangat berharga. Aku bersumpah pada diriku sendiri akan melakukan ini seumur hidupku. Berikut beberapa hal tersebut:

    1. Menjalankan Simple Living atau Minimal Living

    Konsep Simple Living atau hidup sederhana ini sebenarnya sudah aku kenal sejak tahun 2018. Ketika itu beberapa teman di Instagram mengatakan tentang sebuah konsep karya seorang wanita Jepang bernama Marie Kondo. Konsep yang dimaksud adalah hidup sederhana. Saat memilih untuk menjalankan hidup sederhana, kita nggak hanya harus mengurangi jumlah barang-barang yang kita miliki melainkan juga tentang bagaimana kita berpikir dan memandang kehidupan ini. Minimal Living menekankan bahwa lebih baik memiliki barang-barang yang memang kita PERLUKAN ketimbang barang-barang yang kita INGINKAN. Pada akhirnya, konsep hidup ini akan membuatmu menjadi lebih ringan sehingga bisa berfokus pada hal-hal yang memang berharga dalam hidup.

    2. Memiliki Tabungan Dana Darurat

    Setiap bulan ketika menerima gaji, hal pertama yang seharusnya kita lakukan adalah membagi uang tersebut ke dalam beberapa pos pengeluaran. Dan salah satu pos yang harus terisi adalah pos untuk dana darurat. Apa fungsi dari dana darurat ini? Tentu saja sebagai penolong di saat terjadi hal-hal yang nggak terduga. Contohnya saja, ketika terjadi pandemi seperti sekarang dan kita harus diam di rumah tanpa di gaji. Hal penting yang wajib diingat saat membuat tabungan dana darurat ini adalah tabungan ini hanya boleh diambil ketika terjadi hal yang memang sifatnya darurat.

    3. Memiliki Investasi

    Investasi adalah pilihan jangka panjang. Dalam investasi, uang yang kita dedikasikan bisa menjadi berlipat ganda dalam kurun waktu puluhan tahun. Aku merasa harus memiliki investasi karena aku yakin bahwa misteri masa depan hanya milik Tuhan. Yang patut aku lakukan sebagai manusia adalah mempersiapkan masa depan itu sebaik yang aku bisa. Pilihan untuk berinvestasi bisa dalam berbagai bentuk. Misalnya saja, investasi emas, deposito, reksadana, atau saham. Semua tergantung keputusan masing-masing pemilik modal.

    Tiga poin di atas aku pikir sudah cukup untuk membuat masa depanku aman. Sekali lagi, ketiga hal tersebut aku ambil dengan sudut pandangku sendiri. Setiap orang tentu mempunyai pilihannya masing-masing. Tulisan ini aku buat hanya untuk memberikan gambaran tentang apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengamankan masa depan kita. Sekian saja. Semoga harimu menyenangkan.

    Terimakasih telah membaca Pelajaran Berharga dari Pandemi Covid 19, jangan lupa tinggalkan reaksi & komentar kalian di bawah ini. Jika kalian suka dengan artikel ini, support penulis dengan cara share artikel ini ke sosmed kalian 😊
    Meylani.Aryanti

    6 komentar:

    1. Wah mantep bener.. setuju sih sama isi artikel ini, untuk memulai kebiasaan mengirit adalah membeli barang yang kita butuhkan,bukan yang kita inginkan.. karena kita tidak tau apa yg akan terjadi pada kehidupan ini kedepannya.. 😁

      BalasHapus
      Balasan
      1. Semangat buat memulai gaya hidup sederhana!!!

        Hapus
      2. Yap setuju.. aku baru mulai menjalani sih karena baru sadar akan kesalahan yg dulu.. meski emang bukan buat yg aneh2 walau cuma buat sekedar beli makanan ringan, makan diluar, selalu mampir di mini market walau cuma ngeluarin uang 5rb rupiah tapi karena tiap hari jatuhnya boros banget.. dan ga sadar ternyata pengeluarannya banyak 😐

        Hapus
      3. Kalo nggak pandemi mungkin aku nggak akan sadar buat melakukan gaya hidup sederhana 😁

        Hapus
    2. Wah betul,.. aku ngerasa banget pelajaran berharga saat pandemi ini.. mudah-mudahan cepat normal

      BalasHapus
      Balasan
      1. Aminnnn... Mudah mudahan semuanya segera kembali normal 🙏

        Hapus

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.