Ad

ad728
  • News

    Review Novel Please Look After Mom

    Hellow you guys! Apa kabar hari ini? Aku sebelumnya nggak pernah membaca novel yang membuatku berpikir tentang keberadaan seorang ibu dalam hidupku. Aku selalu hanya menganggap bahwa ibu ya seorang ibu dan setiap tugas yang dikerjakan ibu memanglah harus begitu. Aku nggak pernah memikirkan bahwa mungkin saja ibu memiliki impian dan keinginan tertentu.

    Novel Please Look After Mom karya Kyung Sook Shin membuatku sadar akan semua hal itu. Karena itulah, sejak memulai membacanya, aku ingin segera membagi apa saja yang aku dapatkan. So, mari kita simak review novel ini selengkapnya.



    Judul: Please Look After Mom
    Penulis: Kyung Sook Shin
    Penerjemah: Tanti Lesmana
    Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
    Cetakan Ke: 5
    Tahun Terbit: 2020
    Tebal: 296 hlm
    ISBN: 9786020315409
    Harga: Rp.70.000


    Sepasang suami istri berangkat ke kota untuk mengunjungi anak-anak mereka yang telah dewasa. Sang suami bergegas naik ke gerbong kereta bawah tanah dan mengira istrinya mengikuti di belakangnya. Setelah melewati beberapa stasiun, barulah dia menyadari bahwa istrinya tak ada. Istrinya tertinggal di Stasiun Seoul. Perempuan yang hilang itu tak kunjung ditemukan dan keluarga yang kehilangan itu mesti mengatasi trauma akibat kejadian tersebut.

    Novel yang sangat menyentuh dan aku rasa Please Look After Mom adalah salah satu novel terbaik yang aku baca tahun ini. Aku suka membaca novel terjemahan Korea yang biasanya bagiku temanya kebanyakan tentang asmara. Tapi yang satu ini berbeda. Novel ini menampar dan membawaku ke kesadaran tentang perasaan seorang wanita yang berperan sebagai ibu atau istri.

    "Kebiasaan kadang-kadang menjadi sesuatu yang menakutkan. Kau berbicara dengan sopan kepada orang-orang lain, tetapi kepada istrimu kata-katamu selalu ketus. Kadang-kadang kau bahkan memakinya. Kau bersikap seolah-olah sudah diputuskan bahwa kau tidak bisa berbicara baik-baik kepada istrimu. Itulah yang kau lakukan." (Hal. 150)

    Karakter dalam novel ini mulai berkembang ketika mereka mulai menyadari apa saja yang nggak pernah mereka tahu tentang ibu atau istri dalam keluarga itu. Seluruh kehidupan keluarga itu seperti tertuang dalam kisah-kisah yang sebagian besar berisi perjuangan berat ibu dalam mengurus anak-anak, suami dan rumah tangganya.

    Please Look After Mom memiliki sisi unik sebab diceritakan dengan menggunakan sudut pandang orang kedua. Aku sendiri sudah pernah membaca cerita dengan pengambilan sudut itu jadi saat membaca ini aku nggak terlalu kaget. Novel yang sudah dicetak ulang sebanyak lima kali ini mempunyai kecenderungan akan membuat para pembacanya menjadi melankolis. Siap-siap tisu pas baca ya.

    Membaca novel ini membuatku memikirkan ulang apa saja yang sudah aku perbuat untuk ibuku sendiri. Aku sangat merekomendasikan kamu untuk membaca novel ini. Sekian saja. Semoga harimu menyenangkan.

    Tidak ada komentar

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.