Ad

ad728
  • News

    Sssttttt... Tetaplah Diam!

    Semua orang pasti punya cita-cita dan tentu saja akan ada keinginan agar cita-cita tersebut tercapai. Langkah selanjutnya adalah usaha untuk mencapainya dan doa yang nggak ada putusnya. Pasti ada pula keinginan untuk mendapatkan dukungan dari orang sekitar.

    Tapi apa kamu yakin mau membagi apa yang kamu cita-citakan itu dengan orang lain? Mulai sekarang, lebih baik hentikan keinginan itu. Dari beberapa video yang aku tonton di youtube, ditemukan sebuah kesimpulan dari sebuah penelitian bahwa membagi cita-cita kita dengan orang lain (siapapun itu) akan membuat kita justru jauh dari cita-cita kita. Bahkan besar kemungkinan kita nggak akan pernah mencapainya. 

    img source: weheartit.com

    Penjabaran penelitian itu seperti ini: ketika kita memberitahukan orang lain apa yang kita cita-citakan dan cara apa saja yang akan kita lakukan untuk mencapainya, otak kita bisa menyalahartikan perbuatan kita itu sebagai sebuah sinyal bahwa kita sudah setengah jalan menuju cita-cita itu. Imbas dari sinyal ini adalah kita akan kurang bersemangat untuk melanjutkan usaha apa saja yang harus dilakukan untuk sampai pada tujuan kita tersebut.

    Dalam penelitian itu, ditentukan juga ada empat tipe manusia bila berkaitan dengan cita-cita yaitu pertama, manusia yang tidak melakukan apapun dan tidak mengatakan apapun pada orang lain. Kedua tipe manusia yang tidak melakukan apapun untuk meraih cita-citanya dan mengatakan pada semua orang soal cita-citanya. Ketiga, manusia yang melakukan aksi untuk mencapai cita-citanya dan mengatakan cita-citanya itu pada orang lain. Dan terakhir, manusia yang melakukan banyak hal untuk cita-citanya dan tidak mengatakan cita-citanya itu kepada orang lain. 

    Manusia jenis terakhirlah yang terbaik. Memang ada pemikiran bahwa dengan mengatakan kepada orang lain (terutama yang orang-orang yang kita cintai) tentang apapun yang kita cita-citakan maka kita akan mendapatkan dukungan untuk meraihnya. Tapi melihat bagaimana otak kita menyalahartikan hal tersebut, mulai sekarang lebih baik bersikap diam namun tetap beraksi maksimal untuk meraih apa yang kita cita-citakan. 

    Sekian saja. Terima kasih sudah mampir dan membaca. 

    Tidak ada komentar

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.