Ad

ad728
  • News

    Siklus Sirkadian: Orang Yang Suka Bangun Siang Tetap Bisa Sukses



    Pernahkah nggak kamu mendengar ada orang yang mengatakan kalau kamu terlalu banyak tidur maka kamu nggak akan meraih kesuksesan? Atau apa ada yang pernah menyuruhmu untuk meniru orang-orang sukses yang bangun dini hari dan meraih kesuksesan mereka? 

    Mungkin maksudnya baik. Tapi coba deh sekarang kamu baca penjelasan aku berikut ini seputar tidur. Penjelasan aku mungkin akan membuat kamu kaget. Yuk mari dibaca baik-baik.

    source: weheartit.com

    Tidur merupakan saat dimana tubuh kita melakukan regenerasi terhadap sel-sel di dalamnya. Saraf-saraf yang kelelahan setelah beraktivitas selama hampir satu hari penuh diistirahatkan agar bisa berfungsi dengan baik saat terbangun kembali nantinya. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dianjurkan untuk tidur antara 7 sampai 9 jam setiap malamnya. 

    Lalu, apakah itu berarti tidur yang bagus dilakukan mulai dari jam 9 malam dan bangun pada jam 5 pagi keesokan harinya? Nggak juga. Di dalam setiap tubuh manusia, ada sebuah ritme yang disebut dengan Siklus Sirkadian. Siklus ini menentukan waktu bangun tidur setiap manusia dalam 24 jam. Siklus ini menciptakan adanya pembagian jenis manusia berdasarkan jam tidurnya yaitu Early Birds dan Night Owls. 

    Early Birds merupakan orang-orang yang secara alamiah bisa bangun pada pagi hari sementara Night Owls adalah orang-orang yang lebih merasa baik bila bangun di siang hari. Ini tidak lantas berarti bahwa para Night Owls adalah orang-orang yang malas. Mereka hanya tidak mampu bangun pada pagi hari sebab di malam harinya, mereka memang tidak bisa tidur lebih cepat.

    Setiap orang tidak bisa memilih dia akan berada di siklus apa sebab siklus sirkadian ini merupakan bagian dari sifat genetik yang nggak bisa diubah begitu saja. Berarti orang-orang Night Owls nggak punya banyak waktu dong buat menyelesaikan tugas-tugasnya karena selalu bangun siang? Kembali aku harus jawab tidak. 

    Mungkin saja para Early Birds bisa menyelesaikan tugasnya dengan lebih cepat sebab mereka bisa bangun sejak pagi-pagi sekali. Tapi jangan lupa bahwa para Night Owls adalah orang-orang yang masih terjaga ketika para Early Birds sudah terlelap dalam tidurnya. Di saat inilah para Night Owls bisa menyelesaikan apa yang seharusnya mereka selesaikan. Kuncinya terletak pada disiplin yang kuat dan cara pengaturan waktu yang efisien maka para Night Owls juga bisa sama suksesnya dengan para Early Birds.

    Sekarang ini, memang sih aturan yang umum berlaku di dunia hanya menguntungkan para Early Birds sebab perkantoran selalu dibuka pada jam 8 pagi dan sekolah juga dimulai di jam yang sama. Tapi para Night Owls jangan berkecil hati. Dengan tekad kuat, usaha yang keras dan ditambah dengan kreativitas tanpa batas, kesuksesan pasti juga bisa diraih.

    Tidak ada komentar

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.