Ad

ad728
  • News

    Inilah Penyebab Munculnya Jerawat di Bibir

    Jerawat adalah suatu hal yang sangat mengganggu bagi kaum hawa, disamping menyebabkan rasa nyeri juga sangat mengganggu penampilan bahkan ada juga yang minder kemana-mana kalo lagi jerawatan. Apakah kamu salah satunya? 😁 apalagi jika jerawatnya itu ada pada area sekitar bibir..

    Shutterstock

    Disamping mengganggu penampilan, jerawat di area sekitar bibir bikin risih karena pastinya area sekitar bibir lebih aktif ketimbang area permukaan kulit lainnya. Jika kamu memiliki masalah jerawat pada bibir, mungkin kamu harus merubah beberapa gaya hidupmu.

    Penyebab Jerawat di Bibir

    Secara umum jerawat disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati dalam pori-pori kulit, minyak atau sebum berlebih yang membuat pori-pori itu tersumbat dan menyebabkan jerawat pada permukaan kulit. Hal-hal atau kebiasaan apa saja yang dapat menyebabkan jerawat di bibir?

    1. Sensitif Terhadap Produk Kosmetik Tertentu

    Pemilihan produk kosmetik atau skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulitmu bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Apalagi jika penggunaannya berlebih, hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan merangsang pertumbuhan jerawat pada area sekitar bibir serta gangguan kulit lainnya.

    2. Perubahan Hormon

    Perubahan hormon pada tubuh atau hormon tidak seimbang juga dapat menyebabkan munculnya jerawat pada sekitar bibir. Meningkatnya kadar hormon adrogen adalah faktor penyebab jerawat utama pada kulit, hal ini juga berlaku pada area sekitar bibir. Perubahan hormon ini disebabkan oleh siklus menstruasi, masa pubertas, menopouse serta konsumsi obat-obatan tertentu. Meskipun perubahan hormon terjadi secara alami, gaya hidup sehat dapat meminimalisir timbulnya jerawat pada bibir.

    3. Makanan Berminyak

    Makan makanan berminyak juga merupakan penyebab munculnya jerawat. Apalagi jika kebiasaan buruk sehabis makan-makanan berminyak dibiarkan begitu saja sehingga minyak yang tidak dibersihkan tadi dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat pada area sekitar bibir.

    4. Penggunaan Lip Balm dan Petroleum Jelly Yang Berlebih

    Penggunaan lip balm dan petroleum jelly yang berlebihan dapat berpotensi menyebabkan penyumbatan pori-pori pada kulit sehingga menyebabkan timbulnya jerawat di sekitar bibir.


    Mengobati Jerawat Pada Bibir

    Tidak lengkap rasanya jika membahas tentang penyebab tanpa ada yang bertanggungjawab 😂. Jika kamu memiliki masalah jerawat pada bibir, dapat diatasi dengan cara di bawah ini.

    Dengan Menggunakan Bahan Alami

    1. Menggunakan Madu

    Madu mengandung anti bakteri yang dapat mengobati kondisi kulit termasuk mengobati jerawat. Menggunakan madu untuk mengobati jerawat dibibir cukup mudah hanya dengan cara mengambil sedikit madu asli lalu di oleskan pada jerawat kemudian diamkan hingga mengering lalu bilas (jangan dijilat) 😋. Lakukan hal ini 3x sehari.

    2. Dengan Menggunakan Buah Tomat

    Buah tomat mengandung asam salisilat yang diyakini dapat menghilangkan jerawat di area bibir. Asam salisilat sering digunakan pada komposisi bahan obat-obat jerawat. untuk menggunakan tomat sebagai obat jerawat anda dapat melakukan langkah ini.
    • Potong tomat lalu haluskan menggunakan blender atau ulekan (asal gak isi cabe ya... Kalo diisi cabe nanti jadi sambel..)
    • Oleskan tomat yang sudah dihaluskan tadi pada jerawat di bibir
    • Diamkan selama 10 menit
    • Setelah didiamkan, bilas dengan menggunakan air hangat
    • Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali dalam sehari.

    3. Dengan Menggunakan Kunyit

    Selain ampuh untuk mengobati luka, kunyit juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat pada bibir. Karena kunyit mengandung antioksidan yang dikenal dapat mengobati sejumlah masalah pada kulit termasuk jerawat pada bibir. Jika kalian ingin menggunakan kunyit untuk mengobati jerawat caranya cukup mudah dan simpel. Tinggal haluskan kunyit hingga menjadi pasta (jika agak kering tambahkan sedikit air) lalu oleskan pada jerawat bibir anda dan diamkan hingga mengering. Setelah itu kalian dapat membilasnya menggunakan air hangat.


    Dengan Menggunakan Obat

    1. Obat Minum

    Obat minum dapat dipilih untuk mengobati jerawat sedang hingga parah. Obat minum dapat berupa Antibiotik ataupun terapi hormon. Jika obat ini tidak bekerja dengan efektif, biasanya dokter akan memberikan obat Isotretinoin sebagai alternatif akhir untuk mengatasi jerawat. Mengapa alternatif terakhir?

    Karena Isotretinoin ini berpotensi menyebabkan efek samping yang serius. Mulai dari mulut dan kulit kering, mimisan, pembengkakan pada kelopak mata dan bibir, sakit perut, hingga rambut rontok. Disarankan jangan asal-asalan untuk meminumnya, lebih baik konsultasikan ke dokter dan harus sesuai dengan resep dokter.

    2. Obat Oles

    Biasanya, obat oles yang manjur untuk mengatasi jerawat (termasuk jerawat pada bibir) adalah obat oles yang mengandung antibiotik, asam salisilat, retinoid, dan azelaic acid.

    3. Terapi Laser

    Terapi laser dan chemical peeling (pengelupasan kulit) mungkin juga dianjurkan oleh dokter untuk mengatasi jerawat tergantung pada kondisi jerawat bibir anda.

    Selain menggunakan obat-obat diatas, jerawat di bibir juga bisa di kompres dengan menggunakan air hangat atau air dingin. Jika ingin menggunakan air hangat cukup ambil kain yang dibasahi air hangat lalu di pakai untuk kompres jerawat. 

    Jika kalian menggunakan air dingin, ambil kain dan di basahi dengan air es lalu kompres jerawat agar dapat membantu meringankan nyeri dan pembengkakan pada jerawat. Bisa juga kompres menggunakan es batu jadi tidak perlu menggunakan kain, tinggal ambil es batu lalu digunakan untuk mengkompres jerawat di bibir. Nah itu dia penyebab munculnya jerawat pada bibir dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian ya..

    Tidak ada komentar

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.