Ad

ad728
  • News

    Review Novel Reva's Tale

    Review Novel Reva's Tale ditulis oleh: Meylani.Aryanti. Awalnya aku tahu novel berjudul Reva's Tale ini dari akun Instagram salah satu temanku. Dari review yang aku baca disana, aku sadar bahw...
    Estimasi waktu baca artikel ini adalah: . Selamat Membaca..

    Awalnya aku tahu novel berjudul Reva's Tale ini dari akun Instagram salah satu temanku. Dari review yang aku baca disana, aku sadar bahwa novel ini sangat layak berjejer di rak buku-ku.

    Aku termasuk orang yang sangat jarang bisa menemukan novel-novel Indonesia dengan genre thriller. Bila aku diminta menyebutkan lima novel thriller Indonesia yang sudah pernah aku baca, aku rasa aku akan berhenti di angka tiga. Itupun aku masih belum terlalu yakin. Karena kebanyakan novel Indonesia yang aku baca biasanya bergenre romance comedy. Reva's Tale mungkin ada sedikit unsur romance-nya. Tapi aku rasa, unsur thriller-nya lebih mendominasi.



    Judul: Reva's Tale
    Penulis: Ruby Astari
    Penerbit: Ice Cube
    Cetakan Ke: 1
    Tahun Terbit: 2015
    Tebal: 202 hlm
    ISBN: 978-979-91-0870-8
    Harga: Rp.48.000


    Jenar tidak menemukan perubahan dalam diri Reva, sahabatnya. Dia masih sama seperti Reva yang dulu dikenalnya saat masih SMP. Namun sejak kecelakaan yang menimpa keponakan kesayangannya dan disusul dengan kematian ayahnya, Reva menutup diri, kabur dari rumah dan menolak berkomunikasi dengan siapapun. Jenar berusaha keras menghubungi sahabatnya itu dengan berbagai cara, termasuk lewat Facebook. Dari situ Jenar menemukan kumpulan dongeng yang ditulis Reva tentang Kastil Sunyi dan penghuninya. Anehnya, dongeng itu sangat mirip dengan kehidupan Reva.

    Reva, karakter yang menjadi titik sentral dalam novel ini adalah seorang remaja perempuan yang kuat dan mandiri. Memang sih, terkadang dia terkesan kejam dengan kata-katanya yang ceplas-ceplos. Tapi itu semata-mata dilakukannya untuk menunjukkan bahwa kenyataan dalam hidup tidaklah selamanya indah.

    Di sisi lain, Jenar adalah kebalikan dari Reva. Jenar selalu terkesan lemah di mataku. Oke, dia mungkin sama-sama mandiri seperti Reva. Akan tetapi, Jenar ini jauh lebih penurut dan lebih tenang ketimbang Reva yang selalu aktif.

    Karakter lain yang patut mendapatkan sorotan di novel ini adalah Rara, kakak perempuan Reva yang selalu dimanja oleh Mama. Menyebalkan sekali memang tokoh yang satu ini. Rara selalu berpikir bahwa dirinya sudah melakukan hal yang benar. Ia juga tipikal orang yang sangat memedulikan apa yang dikatakan orang lain. Yah, sebelas dua belas-lah sama Mama.

    Jangan abaikan juga Genta, lelaki yang merupakan suami Rara. Karena sifatnya yang arogan, ia sampai mendapatkan julukan yang sangat mengerikan dari Reva. Aku juga suka karakter Evan, yang merupakan pacar Jenar. Evan ini cowok yang sangat protektif dan tahu bagaimana cara memperlakukan wanita dengan penuh rasa hormat.

    "Emang gue harus ngalah terus ama yang lebih tua, ya? Emang yang tua selalu yang paling bener, ya? Bukannya kita semua sama-sama manusia? Kenapa yang lebih tua selalu minta perlakuan kayak dewa?" (Hal. 120)

    Aku memang tidak pernah terlalu terganggu dengan penggambaran latar tempat sebuah novel. Sebab, bila berurusan dengan novel romance atau thriller, aku lebih suka fokus pada cerita novel tersebut. Reva's Tale mengambil latar di kota Jakarta yang macet serta kampus UI yang penggambarannya masih belum detail menurutku. Tapi itu tidak lantas membuat novel ini kurang oke loh ya!

    Aku suka bagaimana Ruby Astari menyelipkan cerita dongeng karya Reva dalam novel ini. Cerita-cerita dongeng itu muncul beberapa kali dan sama sekali tidak mengganggu inti dari cerita novel ini. Justru, dongeng-dongeng itu memberikanku banyak pengetahuan tentang bagaimana Reva menjalani hidupnya setelah berpisah dari Jenar saat mereka lulus SMP.

    Novel ini menggunakan sudut pandang orang ketiga dengan alur yang sangat pas. Semua adegan dalam novel ini muncul dalam waktu yang tepat dan tidak berlebihan.

    Pada awal membaca Reva's Tale, aku berpikir aku tahu bagaimana novel ini akan berakhir. Sebab, novel ini memang seolah-olah seperti cerita dongeng yang mana cerita dongeng selalu mudah untuk ditebak bagaimana jalan ceritanya.

    Tapi aku salah. Kejadian di pertengahan novel membuatku sangat terkejut. Hal ini sampai membuatku berpikir "loh masa tokoh utamanya mengalami hal ini?" Bagaimana dong Reva's Tale akan berakhir bila tokoh utamanya saja sudah begitu. Setelah membaca lebih jauh, aku mendapatkan lebih banyak lagi kejutan yang di luar dugaan.

    Finally, hal yang paling aku sukai dari novel ini adalah sisipan dongeng-dongeng itu. Gaya bercerita serta pilihan kata yang dituliskan oleh Ruby Astari juga membuatku sangat nyaman. Dan tentu saja, aku suka dengan pesan moral yang ingin disampaikan penulis lewat tokoh Reva. Reva yang feminis dan tidak pernah mau ambil pusing dengan omongan orang lain yang tidak penting adalah contoh karakter yang dapat ditiru agar bisa menjalani hidup dengan lebih bahagia.

    Aku sangat merekomendasikan kamu membaca novel ini karena penuh dengan kejutan yang tidak terduga. Reva's Tale yang mempunyai cover sedikit seram ini masih bisa kamu beli di Shopee atau Tokopedia. Selamat membaca!

    Terimakasih telah membaca Review Novel Reva's Tale, jangan lupa tinggalkan reaksi & komentar kalian di bawah ini. Jika kalian suka dengan artikel ini, support penulis dengan cara share artikel ini ke sosmed kalian 😊
    Meylani.Aryanti

    Tidak ada komentar

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.