Ad

ad728
  • News

    Review Novel Catching Star Karya Fira Basuki

    Review Novel Catching Star Karya Fira Basuki ditulis oleh: Meylani.Aryanti. Novel Catching Star adalah novel pertama karya Fira Basuki yang aku baca. Hari ini aku ingin membagikan review-nya disini. Aku sebenarnya s...
    Estimasi waktu baca artikel ini adalah: . Selamat Membaca..

    Novel Catching Star adalah novel pertama karya Fira Basuki yang aku baca. Hari ini aku ingin membagikan review-nya disini.

    Aku sebenarnya sudah lama mendengar betapa bagus tulisan-tulisan karya Fira Basuki. Tapi baru di tahun ini aku berkesempatan untuk membaca salah satu karyanya. Payah memang. Aku terlalu sering terdistraksi oleh novel-novel lain yang terkadang berakhir sebagai novel yang nggak begitu aku sukai.



    Judul: Catching Star
    Penulis: Fira Basuki
    Penerbit: Grasindo
    Cetakan Ke: 1
    Tahun Terbit: 2014
    Tebal: 140 hlm
    ISBN:978-602-251-807-5
    Harga: Rp.58.000


    Wangi, penyanyi Indonesia yang sudah mencatatkan namanya sebagai penyanyi internasional, tutup usia di usianya yang keenam puluh tahun. Semua orang berduka. Terlebih lagi keluarga yang ditinggalkannya, yaitu Mawar dan Jati. Dua buah hati Wangi. Akan tetapi, beberapa hari setelah kematian sang ibu, Mawar mendapati bahwa banyak masa lalu ibunya yang tidak diketahuinya dan satu per satu, masa lalu itu muncul ke permukaan.

    Setelah membaca penggalan cerita di sampul belakang novel ini, aku mengira tokoh utama dalam novel ini menjadi hantu yang menciptakan teror untuk orang-orang yang masih hidup di dunia.

    Tapi tentu saja aku tidak lantas mempercayai pemikiranku sendiri. Novel ini ditulis oleh seorang Fira Basuki dan nggak mungkin cerita novelnya seperti yang ada dalam pikiranku. Baiklah. Mari kita mulai dari karakter-karakter dalam Catching Star.

    Wangi, yang merupakan pencerita dalam novel ini adalah seorang wanita yang selalu melakukan pencarian dalam hidupnya. Dia mencari uang untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya setelah kematian ayahnya. Dia mencari seseorang yang dapat merengkuhnya ke dalam cinta yang sangat ia dambakan dan siap mengikatnya dalam pernikahan. Dia wanita yang kuat dan berpendirian.

    Mawar dan Jati. Dua anak Wangi yang sudah dewasa. Mawar lebih menunjukkan emosinya dengan menangis dan berteriak. Sedangkan Jati sangat kalem dan pendiam. Meski begitu, mereka berdua memiliki pemikiran yang sangat mulia.

    Beberapa karakter lain yang aku rasa nggak bisa aku sebutkan karena aku takut akan menjadi spoiler. Tapi peranan karakter-karakter itu cukup penting terutama beberapa lelaki yang menjadi masa lalu Wangi.

    Catching Star menggunakan sudut pandang orang pertama tunggal dimana Wangi, yang sudah berwujud roh menceritakan kehidupan yang dijalaninya setelah kematiannya. Wangi berusaha menuju ke cahaya terang dimana dia sempat melihat sekelebat wujud yang merupakan suaminya, Bumi, yang sudah meninggal lebih dulu.

    Akan tetapi, karena ada sesuatu yang belum selesai di dunia, Wangi tidak dapat sampai pada cahaya itu. Langkahnya selalu saja terhambat dan ia selalu saja tiba-tiba dibawa ke tempat dimana orang-orang dari masa lalunya sedang menyesali yang sudah terjadi.

    Dengan kekuatannya sebagai sesosok roh, Wangi mencoba menyentuh hati putrinya, Mawar, untuk membantunya menyelesaikan masalahnya.

    Yang buatku masalah-masalah itu sangat di luar dugaan. Terutama yang terakhir.

    Sebenarnya novel ini cukup berat untuk aku baca. Sebelumnya aku memang pernah membaca novel yang bertemakan batas antara hidup dan mati. Tapi Catching Star ini berbeda. Aku harus menyelami bagaimana pemikiran roh yang baru saja meninggalkan tubuhnya.

    "Aku tidak menyesal untuk mati. Perasaan orang mati itu seperti mengambang. Tidak senang tidak sedih. Tapi seperti rela." (Hal. 5)

    Catching Star benar-benar menggugah hatiku untuk lebih mendalami ajaran agamaku. Aku mendapatkan sebuah pelajaran berharga bahwa sebisa mungkin agar tidak menjerumuskan diri ke dalam permasalahan yang melibatkan orang lain selama hidup di dunia. Dan kalaupun tidak bisa menghindari permasalahan tersebut, solusi terbaik adalah menyelesaikan permasalah itu selagi masih bernafas.

    Novel ini penuh dengan ilustrasi magis yang membuatku cukup merinding. Bukan merinding seperti melihat hantu. Tapi lebih kepada kesadaran spiritual. Mengerti kan? Aku sampai susah ingin menjelaskannya.

    Novel dengan cover cantik ini masih bisa kamu beli di Shopee atau Tokopedia. Selamat membaca!

    Terimakasih telah membaca Review Novel Catching Star Karya Fira Basuki, jangan lupa tinggalkan reaksi & komentar kalian di bawah ini. Jika kalian suka dengan artikel ini, support penulis dengan cara share artikel ini ke sosmed kalian 😊
    Meylani.Aryanti

    Tidak ada komentar

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.