Ad

ad728
  • News

    Cara Mengatasi Internet Indihome Mati Atau Lambat

    Cara Mengatasi Internet Indihome Mati Atau Lambat ditulis oleh: Mr. Monday. Mengatasi Internet Indihome Mati Atau Lambat ー Hai sobat KopiCola , kali ini mimin share tentang pengalaman mimin tentang mengatasi permasa...
    Estimasi waktu baca artikel ini adalah: . Selamat Membaca..

    Mengatasi Internet Indihome Mati Atau Lambat ー Hai sobat KopiCola, kali ini mimin share tentang pengalaman mimin tentang mengatasi permasalahan internet INDIHOME yang mati. Gak enak kan kalo lagi ada kerjaan penting yang membutuhkan koneksi internet yang cepet malah koneksinya lambat atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Bagi kalian yang baru berlangganan internet Indihome pastinya bingung kenapa bisa internetnya lambat padahal baru berlangganan (seperti yang mimin alami 😛).

    mengatasi internet indihome mati

    Jika internet Indihome anda mengalami masalah koneksi yang harus kita lihat terlebih dahulu adalah modem/router-nya agar mengetahui apakah kendala di modem, sambungan kabel atau gangguan dari pusat? hal-hal yang harus diperhatikan adalah:

    • Power menyala hijau ー jika indikator power menyala hijau mengindikasikan bahwa ada arus listrik yang masuk ke modem/router anda
    • PON/AUTH menyala hijau (normal) ー jika lampu PON menyala hijau berarti modem normal. Jika lampu PON menyala tapi berkedip berarti mengalami gangguan settingan pada system yang belum terkonfigurasi dengan benar dari pusat.
    • LOS tidak menyala (normal) ー jika indikator LOS tidak menyala berarti normal (normalnya berbeda-beda tiap modem jadi perhatikan normalnya menyala atau tidaknya ketika internet anda normal). Jika menyala merah maka tidak adanya koneksi dari kabel optik ke modem.
    • Internet Berkedip (normal) ー jika lampu internet berkedip berarti normal menandakan adanya data yang tertransmisi dari server ke modem. Jika tidak menyala atau mati berarti jaringan bermasalah karena tidak ada data yang diterima oleh modem/router itu sendiri.
    • Lampu indikator lainnya seperti (LAN1-LAN4, Wi-Fi, Phone, & USB) ini akan menyala ketika sedang digunakan jika tidak digunakan atau tidak aktif maka indikator tidak akan menyala.

     

    Langkah Apa Yang Dapat Kita Lakukan Jika Internet INDIHOME Bermasalah?

    1. Perhatikan Indikator Modem


    Yang pertama kita lakukan adalah dengan melihat indikator pada Modem/Router anda apakah menyala sebagaimana mestinya atau tidak. Jika semuanya normal tapi internet lambat, silahkan lihat pada solusi no. 2. Jika ada masalah seperti :

    Lampu PON Berkedip, Lampu Internet Tidak Menyala

    Jika anda mengalami masalah seperti ini anda dapat melaporkan masalahnya pada aplikasi My Indihome, email atau pun telepon ke telkom 147. Tapi pada dasarnya laporan via aplikasi atau email sudah cukup dan prosesnya juga tetap sama walaupun anda telpon ke operator (malah rugi pulsa jika telepon). Selain itu anda juga dapat chat teknisi yang memasang ke rumah anda jika ada masalah seperti ini biasanya lebih cepat (tergantung area dan teknisinya).


    Lampu LOS Menyala Merah

    Jika lampu LOS pada modem/router anda menyala merah menandakan modem/router anda tidak terhubung ke server. Cek kabel fiber yang tersambung ke modem anda apakah ada terputus/terlepas. Jika semua tersambung seperti biasa berarti ada masalah lain. Untuk masalah ini dapat anda hubungi teknisi yang memasang modem di rumah anda atau hubungi kantor telkom di daerah anda.


    Lampu Indikator Normal Tapi Tidak Bisa Konek Internet

    Jika semua lampu normal seperti biasanya tapi tidak bisa terhubung ke internet anda dapat merestart modem ONT anda dengan cara matikan modem ONT selama 5 - 10 menitan baru kemudian dihidupkan kembali. Walaupun sederhana cara ini ampuh untuk mengatasi gangguan koneksi standar, jika tetap tidak mau ada kemungkinan kerusakan pada modem ONT. Hubungi teknisi untuk masalah ini agar diberikan penggantinya.


    2. Lakukan Speed Test


    Test kecepatan internet anda dengan speedtest (search di google) lalu jalankan test kecepatan internet anda. Jika kecepatan normal, dalam artian kecepatan download sesuai dengan paket berlangganan anda maka internet anda berjalan sebagaimana mestinya tapi jika tidak, anda dapat melakukan cek lanjutan dengan login ke admin panel di alamat ip 192.168.1.1 (device yang digunakan untuk akses ke alamat ip ini harus terhubung ke wifi anda jika tidak maka tidak akan bisa mengakses admin panel) lalu masukkan user dan passwordnya. 

     


    Pada admin panel ini anda lihat ke Network ➝ WLAN ➝ Associated Devices perhatikan berapa device yang terkoneksi dengan wifi anda jika melebihi saran penggunaan (sesuai dengan paket Indihome anda) maka wajar koneksi jadi lambat ketika speed test juga melambat. Jika user melebihi yang anda ketahui penggunaannya disarankan untuk mengganti password wifi anda agar tidak bisa diakses oleh orang tanpa seijin anda.


    Jika anda device yang terhubung tidak berlebih tapi anda juga tidak mendapatkan kecepatan yang optimal, anda dapat melakukan cek pemakaian pada aplikasi My Indihome terlebih dahulu apakah penggunaan FUP (Fair Usage Policy) melebihi batas FUP atau tidak, karena di indihome setiap paketnya memiliki batas FUP tertentu dan jika melebihi batas tersebut maka kecepatan internet akan menjadi 75% untuk yang melewatin FUP 1 dan akan dikurangi lagi hingga menjadi 40% ketika melewati batas FUP 2.


    Setelah anda mengecek kedua hal tersebut diatas yaitu banyaknya device yang terhubung dan batas FUP, jika penggunaan sudah sesuai dengan ketentuan tapi tidak mendapatkan kecepatan yang optimal sesuai yang dijanjikan anda dapat melakukan komplain ke kantor Telkom terdekat, hubungi Telkom 147, via aplikasi My Indihome atau melalui Twitter.

    Terimakasih telah membaca Cara Mengatasi Internet Indihome Mati Atau Lambat, jangan lupa tinggalkan reaksi & komentar kalian di bawah ini. Jika kalian suka dengan artikel ini, support penulis dengan cara share artikel ini ke sosmed kalian 😊
    Mr. Monday

    1 komentar:

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.