Ad

ad728
  • News

    7 Kebiasaan yang Mengubah Hidupku

    7 Kebiasaan yang Mengubah Hidupku ditulis oleh: Meylani.Aryanti. Dua tahun yang lalu, setelah memutuskan untuk berhenti bekerja dan fokus merawat anakku, tanpa pernah aku duga sedikit pun, hidupku tiba-tib...
    Estimasi waktu baca artikel ini adalah: . Selamat Membaca..

    Dua tahun yang lalu, setelah memutuskan untuk berhenti bekerja dan fokus merawat anakku, tanpa pernah aku duga sedikit pun, hidupku tiba-tiba saja kehilangan arah. Oke, kedengarannya dramatis sekali ya! Tapi itulah yang terjadi. Aku merasa hari-hariku nggak ada artinya lagi dan aku nggak bersemangat melakukan apapun termasuk mengajar baca tulis untuk anakku. Padahal itu adalah alasan utama aku berhenti bekerja.

    Tapi kemudian aku menyadari ada sesuatu yang tidak pada tempatnya. Kesadaran ini membawaku pada proses panjang mencari jalan agar aku kembali pada jalur yang sudah aku rancang. Aku membaca banyak buku pengembangan diri dan menonton video YouTube tentang menjalani hidup yang bebas stress. Hasilnya, bisa aku bilang sangat menggembirakan. Berikut aku bagikan kebiasaan yang aku terapkan yang mengubah hidupku dan membuatku kembali pada jalurku yang seharusnya.

    source: pinterest

    1. Berhenti Mengeluh

    Aku bahkan sudah suka mengeluh sejak masih bekerja. Bila ada hal satu kecil saja yang nggak sesuai dengan keinginanku, maka akan muncul keluhan tanpa ujung. Nggak ada keuntungan apapun yang aku dapat saat atau setelah mengeluh. Beban berat yang memang sudah aku pikul malah menjadi bertambah dan menyakitiku. Aku sadar bahwa mengeluh membuat semua keberuntungan, kebahagiaan, kesejahteraan, dan hal baik lainnya terbang jauh ke angkasa.


    2. Bersyukur

    Alih-alih mengeluh, aku akhirnya memutuskan untuk berfokus pada semua hal yang sudah aku miliki. Bersyukur membuatku sadar bahwa aku sangat beruntung. Aku beruntung memiliki tubuh yang sehat yang membuatku bisa melakukan hal-hal yang aku sukai. Dan ketika aku menuliskan semua hal yang bisa aku syukuri dari hidupku, daftar itu ternyata sangat panjang. Kebiasaan bersyukur ini juga membawaku pada kebiasaan lainnya yaitu menulis.


    3. Menulis

    Aku sudah suka menulis sejak usia remaja. Hanya saja ketika itu kebanyakan hal yang aku tulis di buku harianku adalah tentang apa saja yang sudah aku lakukan atau orang-orang yang nggak aku sukai. Dua tahun lalu, aku memutuskan untuk mengubah arah tulisanku. Hal pertama yang aku lakukan adalah membuat daftar semua hal yang bisa aku syukuri dari hidupku. Aku kemudian menulis tentang visiku untuk masa depanku. Tentang bagaimana diriku di masa depan. Tidak lupa, aku kemudian membuat habit tracker untuk hal-hal kecil yang aku lakukan setiap harinya. Aku percaya, hal kecil yang aku lakukan hari ini akan sangat mempengaruhi masa depanku kelak.


    4. Membaca

    Bagi orang-orang yang mengenalku, mereka tahu bahwa membaca adalah sebuah ciri yang sangat khas pada diriku.  Well, setidaknya itu yang menjadi hobi beratku sebelum mulai bekerja. Saat bekerja, aku melupakan hobi itu dan memilih melakukan apa yang dilakukan oleh teman-temanku. Aku kehilangan jati diri? Iya, bisa jadi. Aku seperti menjadi orang lain dan membuang diriku yang asli. Setelah berhenti bekerja, aku memilih untuk menghidupkan lagi hobi masa laluku itu dan hasilnya, aku merasa jauh lebih ringan.


    5. Hidup Sederhana

    Menjalani minimal living atau hidup sederhana merupakan kebiasaan yang baru aku terapkan beberapa bulan yang lalu. Itu karena pandemi Covid 19 dan aku merasa perlu memilih gaya hidup yang nggak akan membebani aku atau keluarga kecilku. Pilihan untuk hidup sederhana sebenarnya sangat sulit. Apalagi untuk aku, yang banyak sekali memiliki barang-barang yang penuh kenangan. Hidup sederhana mengharuskan aku untuk melepaskan semua itu dan hanya hidup dengan barang-barang yang memang aku perlukan. Perjuangannya sangat berat tapi lama kelamaan, aku merasakan manfaat yang luar biasa bagus.


    6. Membuat Prioritas

    Saat kuliah, aku diajari oleh dosenku untuk membuat prioritas agar apa yang menjadi tugas utamaku nggak hancur berantakan. Semasa kuliah aku berhasil menerapkan kebiasaan itu. Tapi entah sejak kapan, aku merasa aku banyak melakukan hal-hal nggak penting. Pada akhirnya, aku kelelahan padahal tugas utamaku belum selesai atau bahkan belum tersentuh sama sekali. Kebiasaan membuat prioritas penting sekali diterapkan dalam kehidupan. Ini membuatku jauh lebih bebas stress sebab hidupku menjadi lebih terarah dan percaya atau nggak, aku menghemat banyak uang saat mendahulukan hal-hal yang memang penting.


    7. Olahraga

    Aku sudah membenci olahraga sejak masih remaja. Aku lebih suka merebahkan diri di kasur serta membaca buku untuk menghabiskan waktu senggangku. Tapi beberapa artikel yang aku baca di wikihow menyebutkan bahwa olahraga disarankan untuk mengurangi stress serta meningkatkan hormon yang memicu rasa bahagia. Aku sih, nggak pergi ke gym. Aku hanya memilih untuk jalan kaki selama setengah jam di lapangan dekat rumah. Dan sumpah, artikel itu nggak bohong sama sekali.

    In the end, aku nggak lantas lancar melakukan semua kebiasaan itu. Bahkan hingga saat ini, rasa malas kadang menyerang yang membuatku malas olahraga atau menulis. Sesekali tanpa aku sadari, aku masih mengeluh. Tapi aku meyakinkan diriku memang begitulah hidup. Yang terpenting adalah aku menikmati apa yang ada dihadapanku. Karena buatku hidup adalah proses panjang yang penuh dengan trial and error.

    Untuk kamu, daftarmu mungkin lebih banyak atau lebih sedikit atau malah belum memulai apapun. Nggak masalah. Tahun 2021 sudah semakin dekat. Melakukan kebiasaan tertentu untuk hidup yang lebih baik bisa dijadikan resolusi tahun depan. Selamat mencoba dan semangat!

    Terimakasih telah membaca 7 Kebiasaan yang Mengubah Hidupku, jangan lupa tinggalkan reaksi & komentar kalian di bawah ini. Jika kalian suka dengan artikel ini, support penulis dengan cara share artikel ini ke sosmed kalian 😊
    Meylani.Aryanti

    Tidak ada komentar

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.