Ad

ad728
  • News

    15 Ide Untuk Resolusi Tahun Baru

    15 Ide Untuk Resolusi Tahun Baru ditulis oleh: Meylani.Aryanti. Sebentar lagi kita akan memasuki tahun yang baru. Apa yang biasanya kamu lakukan di akhir tahun seperti ini? Apakah merancang pesta tahun ba...
    Estimasi waktu baca artikel ini adalah: . Selamat Membaca..

    Sebentar lagi kita akan memasuki tahun yang baru. Apa yang biasanya kamu lakukan di akhir tahun seperti ini? Apakah merancang pesta tahun baru yang meriah? Atau hanya melakukan pekerjaanmu seperti biasanya? Sebenarnya sangat penting sekali bagi kita mempersiapkan diri untuk menyongsong tahun yang akan datang.

    Salah satu yang bisa kita lakukan adalah membuat daftar resolusi tahun baru. Resolusi tahun baru merupakan tradisi yang awalnya berasal dari dunia barat. Namun berkat perkembangan teknologi yang sangat pesat, kegiatan ini kini dilakukan oleh hampir seluruh umat manusia di dunia. Resolusi tahun baru berisi daftar hal-hal yang akan seseorang perbaiki di tahun mendatang. Kita semua tahu itu. Tapi apakah kamu pernah bingung menentukan apa saja yang akan kamu lakukan di tahun yang baru? Berikut ini aku berikan beberapa ide resolusi tahun baru. Yuk mari disimak!

    source: pinterest


    1. Mencoba Hobi Baru

    Hobi membuat seseorang bisa mengalihkan sejenak pikirannya dari rutinitas yang dilakukannya. Memilih hobi baru di tahun yang baru bisa jadi sangat menyenangkan. Tentukanlah kira-kira hobi apa yang sangat ingin kamu tekuni di tahun yang baru ini.


    2. Membuat Habit Tracker

    Apakah kebiasaan yang sudah kamu tentukan masih sering susah kamu ikuti? Cobalah untuk membuat habit tracker di tahun yang baru nanti. Habit tracker berisi catatan tentang apakah sebuah kebiasaan sudah kamu laksanakan atau belum. Ini bisa menjadi pengingat agar kamu konsisten melakukan kebiasaan tersebut.


    3. Membuat Tabungan

    Tahun 2020 merupakan tahun yang sangat berat. Hampir seluruh manusia di muka bumi ini mengalami kejatuhan ekonomi karena pandemi Covid 19. Tidak ada salahnya bila mulai tahun depan, kamu menyisihkan sebagian uangmu untuk ditabung. Selain untuk menghadapi bencana tak terduga, uang yang terkumpul bisa kamu gunakan untuk membeli sesuatu yang sudah sangat kamu impikan.


    4. Membaca Buku 30 Menit Sehari

    Siapa yang masih meragukan kebiasaan membaca buku? Sudah tidak perlu dijelaskan lagi betapa dahsyat efek yang ditimbulkan dari kegiatan membaca. Cobalah untuk membaca buku selama 15 sampai 30 menit sehari. Di masa mendatang, akan ada banyak hal positif yang menghampirimu.


    5. Belajar Skill Baru

    Untuk mempelajari sebuah skill baru, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Ada banyak tutorial belajar keterampilan tertentu di Youtube. Pikirkanlah sebuah skill yang sangat ingin kamu kuasai sejak dulu dan pelajarilah tahun depan.


    6. Bersedekah

    Kamu tidak lantas harus bersedekah dalam jumlah besar. Sesuaikan saja dengan kemampuanmu. Bersedekah merupakan cara lain untuk berucap syukur pada Tuhan Yang Maha Esa.


    7. Lebih Banyak Mengkonsumsi Sayuran

    Apakah harus disebutkan lagi betapa banyak manfaat yang didapat dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran? Kampanye makan sayuran yang selama ini selalu digaungkan oleh Kementerian Kesehatan bukannya tanpa tujuan jelas loh ya!


    8. Olahraga 3-4 Kali Seminggu

    Olahraga selain dapat membantu menurunkan berat badan, juga baik untuk kesehatan mental kamu. Dengan berolahraga secara teratur, otak akan mengeluarkan hormon endorfin yang mengurangi stress.


    9. Merapikan Rumah/Kamar

    Tahun baru suasana baru. Cobalah untuk mendekorasi ulang rumah atau kamar kamu. Pilihlah barang-barang yang masih kamu gunakan dan sumbangkan atau jual barang-barang yang sudah lama tidak kamu sentuh. Rumah atau kamar menjadi rapi dan dompet juga bertambah isinya.


    10. Mencoba Minimal Living

    Minimal Living adalah gaya hidup yang awalnya dipopulerkan oleh orang Jepang. Kini hampir semua orang di seluruh dunia menjalankan gaya hidup ini. Minimal Living mengajarkan bahwa hidup haruslah berisikan hal-hal yang memang diperlukan saja. Sangat cocok dicoba tahun depan.


    11. Meditasi

    Meditasi merupakan praktik relaksasi yang sudah sangat kuno yang manfaatnya sangat luar biasa. Meditasi membuat pikiran menjadi lebih tenang. Dengan melakukan meditasi, kamu bisa lebih hidup di masa sekarang. Sesuatu yang sangat diperlukan bila kamu ingin menjadi produktif.


    12. Mengurangi Penggunaan Plastik

    Pernah tidak kamu melihat film dokumenter tentang sampah plastik yang mencemari lautan? Bagaimana hewan-hewan dalam lautan bertahan di tengah-tengah sampah plastik yang berenang dimana-mana? Sudah waktunya kamu take action. Kurangi sampah plastik untuk menyelamatkan lingkungan.


    13. Merencanakan Liburan

    Apa sih hal paling menyenangkan yang bisa kamu lakukan setelah bekerja keras selama setahun penuh? Yap, liburan! Rencanakanlah liburan kamu sejak awal tahun. Coba deh pikirkan kira-kira tempat mana yang akan kamu kunjungi nanti. Dan mulailah mengumpulkan uang untuk liburan kamu itu.



    14. Menjadi Sukarelawan

    Kamu bisa menjadi sukarelawan dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan atau hal-hal lainnya. Dengan cara ini, selain bisa menyumbangkan sesuatu untuk lingkungan sekitarmu, lingkaran pertemanan kamu juga bisa bertambah.


    15. Berkomunikasi dengan Teman Lama

    Kapan sih terakhir kali kamu mengobrol dengan teman SMA atau SMP kamu? Pasti sudah lama sekali kan? Coba deh di tahun yang baru ini kamu menghubungi mereka kembali. Selain bisa bernostalgia, siapa tahu kamu bisa mendapatkan inspirasi atau pekerjaan sampingan yang bisa menambah pundi-pundi keuangan kamu.


    Kamu tidak lantas harus membuat resolusi yang panjang. Cukup pilih saja hal-hal yang kamu pikir memang akan membuatmu lebih berkembang dan tentu saja menguntungkan. Selamat tahun baru ya!

    Terimakasih telah membaca 15 Ide Untuk Resolusi Tahun Baru, jangan lupa tinggalkan reaksi & komentar kalian di bawah ini. Jika kalian suka dengan artikel ini, support penulis dengan cara share artikel ini ke sosmed kalian 😊
    Meylani.Aryanti

    2 komentar:

    1. Hi, mbak Mel!

      Ku kan mencoba perlahan poin2 di atas, soalnya nggak pernah punya resolusi sih selama ini, wkwk..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ayo semangat. Aku jg udah merancang apa2 aja yang mau aku lakukan tahun depan 😁

        Hapus

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.