Ad

ad728
  • News

    Lakukan Ini Sebelum Usia 20 Tahun

    Lakukan Ini Sebelum Usia 20 Tahun ditulis oleh: Meylani.Aryanti. Estimasi waktu baca artikel ini adalah: . Selamat Membaca..

    Apa saja sih yang kamu lakukan saat masih berusia remaja? Atau kalau saat ini kamu adalah seorang remaja, apa saja yang paling sering kamu lakukan atau pikirkan? Masa remaja adalah masa transisi. Pada masa ini kamu sudah bukan anak-anak lagi tetapi belum layak  disebut sebagai orang dewasa.

    Namun bukan berarti kamu dapat bersantai dan berbuat sesuka hatimu. Kalau itu kamu lakukan, aku jamin saat memasuki usia dewasa kamu akan mengalami banyak kesulitan. Berikut ini adalah daftar beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan saat masih remaja. Aku yakin dengan melakukannya, hari-harimu sebagai orang dewasa akan lebih mudah. Yuk mari disimak.

    source: pinterest

    1. Menjauhi Alkohol, Narkoba, dan Free Sex

    Kamu pasti sering mendengar poster-poster atau imbauan tentang betapa buruk ketiga hal di atas yang aku sebutkan. Yap, pemerintah, orang tua, guru, serta orang dewasa lainnya bukannya tanpa alasan kuat ingin kamu menjauhi hal-hal tersebut. Alkohol dan Narkoba adalah dua benda yang akan membuatmu jatuh ke jurang penuh candu yang sangat berbahaya buat masa depan kamu. Sementara itu, Free Sex akan membuatmu kehilangan harga diri kamu. Jadi stay away from those things ya!

    2. Mulai Menabung

    Apa? Tapi aku kan belum kerja? Ya, ya. Aku tahu banyak diantara kamu yang berusia di bawah 20 tahun belum memasuki dunia kerja. Tapi jangan jadikan itu sebagai penghalang buat kamu untuk mulai menabung. Tabunglah uangmu sekecil apapun yang kamu bisa. Kamu nggak harus mencapai jumlah tabungan tertentu. Kamu hanya perlu membiasakan dirimu menabung agar saat kamu mulai bekerja kelak, menabung sudah menjadi semudah kamu bernafas.

    3. Banyak-banyak Membaca Buku

    Kamu nggak lantas harus menjadi seorang kutu buku yang mengoleksi banyak buku dan selalu membawa buku kemana-mana. Jika kamu hanya bisa menyisihkan setengah jam setiap harinya untuk membaca, maka lakukanlah hal itu. Bacalah buku apa saja yang membuatmu nyaman. Namun akan lebih baik bila kamu membaca buku-buku tentang pengembangan diri. Selain menambah kosa katamu dan meluaskan pengetahuanmu, kamu juga berkesempatan untuk tahu lebih dalam tentang siapa dirimu.

    4. Journaling alias Menulis Buku Harian/Diary

    Teman baik kegiatan membaca adalah menulis. Mulailah menuliskan semua hal yang terlintas dalam pikiranmu. Menulis bisa membuatmu menjadi lebih bebas dari rasa stress. Jangan salah, banyak psikiater menggunakan terapi menulis untuk menyembuhkan pasien yang mengalami depresi. Selain menurunkan kadar stress dalam diri, menulis juga bisa membuatmu mengenal siapa dirimu lebih dalam. Bonus manisnya adalah pemikiran yang kamu tulis hari ini dapat menjadi sesuatu yang sangat berharga di masa depan. Well, setidaknya bisa membuatmu tersenyum.

    5. Disiplin

    Setiap tahap yang dilalui seorang manusia dalam hidupnya nggak akan ada artinya bila nggak dibarengi dengan sikap disiplin. Masih ingat nggak ketika di sekolah dasar, kamu mendapat tugas membuat jadwal kegiatanmu sehari-hari? Tujuan dari tugas itu bukannya untuk mengintip apa saja yang kamu lakukan. Tapi lebih kepada latihan dasar untuk menjadi disiplin. Disiplinkan dirimu sejak dini maka pada saatnya nanti, apapun yang menjadi impianmu akan dapat tercapai.

    6. Lakukan Hal yang Memang Kamu Sukai

    Apa kamu selalu mengikuti tren? Temenmu memakai gaya rambut tertentu dan kamu pun ikut? Coba deh mulai sekarang kamu melakukan hal-hal yang memang kamu sukai. Nggak apa kalo kamu menyukai gaya rambut temenmu terus kamu ikuti. Tapi jika kamu memang nggak suka, abaikan saja. Ikuti saja apa yang menjadi minatmu. Mulai menghargai kesukaanmu merupakan langkah kecil untuk mendekatkan dirimu dengan passionmu. Ketika dewasa, memiliki passion atau hidup dengan bidang yang menjadi passionmu adalah sebuah hal yang sangat mewah.

    7. Lebih Dekat Dengan Keluarga

    Ada nggak sih diantara kamu yang malas ketika harus jalan dengan orang tuamu? Gengsi karena sudah besar tapi kemana-mana masih bersama orang tua? Nikmati saja dulu kebersamaan itu. Saat kamu sudah berada pada fase dewasa dan memiliki tanggung jawab tertentu, kebersamaan dengan keluarga terutama orang tua akan semakin menjadi langka.

    Tujuh poin aku rasa cukup. Semua hal itu nggak akan membebanimu apapun. Percayalah, apapun yang kamu lakukan sejak dini akan menampakkan hasil yang maksimal ketika diperlukan pada saatnya nanti. Semangat ya!

    Terimakasih telah membaca Lakukan Ini Sebelum Usia 20 Tahun, jangan lupa tinggalkan reaksi & komentar kalian di bawah ini. Jika kalian suka dengan artikel ini, support penulis dengan cara share artikel ini ke sosmed kalian 😊
    Meylani.Aryanti

    Tidak ada komentar

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.