Ad

ad728
  • News

    Tips Diet Yang Menyenangkan

    Tips Diet Yang Menyenangkan ditulis oleh: Diah Agustini. Haiii Kopi Cola Lovers!!!! Masih disini bersama saya di seputaran gaya hidup dan kesehatan. Kali ini saya akan BERBAGI tentang Diet. Kalian ...
    Estimasi waktu baca artikel ini adalah: . Selamat Membaca..

    Haiii Kopi Cola Lovers!!!!

    Masih disini bersama saya di seputaran gaya hidup dan kesehatan. Kali ini saya akan BERBAGI tentang Diet. Kalian semua tentu sering mendengar tentang diet kaaannn??

    Nah, saat ini saya akan berbagi tentang tips diet sehat yang menyenangkan, yang tentu saja sudah saya praktekkan sehari harinya.

    APA ITU DIET

    Sebelumnya, saya jelaskan sedikit makna sebenarnya tentang diet. Diet adalah pengaturan pola makan, baik waktu makan, jenis makanan, dan tata cara makan yang baik untuk mendapatkan Kesehatan yang prima. Jadi sebenarnya diet itu bukan mengurangi makan, tetapi lebih kepada perilaku makan yang baik.

    Diet juga diperuntukkan untuk semua orang, bukan hanya kepada orang yang ingin menurunkan berat badan saja, tetapi bagi semua orang yang mengerti akan pentingnya Kesehatan. So,,, masih berpikir bahwa diet itu mengurangi porsi makan atau untuk menurunkan berat badan??? Think again guys!

    Okay,,, diet itu ada banyak macamnya, ada Diet Puasa (Intermittent Fasting), ada Diet Vegan dan Vegetarian, ada juga Diet Mediteranian, dan masih ada beberapa diet lainnya. Namun pada intinya, diet yang saya sebutkan diatas adalah mengatur karbohidrat, lemak, dan protein yang wajib dikonsumsi oleh kita serta disesuaikan waktu konsumsinya. Kecuali untuk Diet Vegan, pada diet ini hanya boleh mengonsumsi sayuran dan buah-buahan saja. Serta Diet Vegetarian hampir sama dengan Diet Vegan hanya saja masih boleh mengkonsumsi telur, susu, dan keju.


    Tips Diet Yang Menyenangkan
    Ilustrasi Healty Food (Sumber: 99.co)


    TIPS #1

    Pastikan ketika kalian memulai mengatur pola makan, bahwa yang kalian mulai ini adalah sebuah kebutuhan bukan keinginan. Sebab kebutuhan adalah pondasi yang kuat, sedangkan keinginan dapat berubah sesuai mood kalian bukan??



    TIPS #2

    Mulailah dengan hal yang paling sederhana, yasitu kenali pola makan kalian selama ini.
    Misalnya apakah kalian terbiasa sarapan atau selalu melewatkan sarapan. Kemudian berapa kali kalian makan dalam sehari dan berapa porsi yang kalian makan. Bagaimana kalian makan, apakah tergesa-gesa atau santai dan menikmati makan. Apakah kalian suka ngemil atau tidak. Hal dasar inilah yang menjadi acuan kita untuk mengubah pola makan yang lebih sehat.



    TIPS #3

    Mulailah membiasakan diri untuk minum air putih hangat ± 2 gelas setiap pagi pada saat perut masih kosong. Mau tau fungsinya? Minum air putih hangat pada saat perut kosong berfungsi untuk membuang racun dari tubuh, menghangatkan pencernaan sehingga dapat meningkatkan aktivitas pencernaan lebih baik, membantu tubuh untuk meningkatkan sistem imunitas, membuat oto menjadi lebih rileks, dan melancarkan peredaran darah.



    TIPS #4

    Kombinasikan diet kalian, sehingga kalian tidak merasa tertekan saat mengubah pola makan.
    Contohnya, kalian terbiasa untuk sarapan pada pukul 7 pagi. Maka beginilah jadwal makan kalian :
    Bangun pagi pukul 06.00 minumlah 2 gelas air hangat, kemudian lakukan aktivitas ringan seperti olahraga atau kegiatan yang biasa kalian lakukan. Biarkan air putih bekerja dalam pencernaan selama 30-45 menit sebelum kalian sarapan.


    Pukul 07.00 sarapan pagi, disarankan pada pagi hari porsi karbohidrat, lemak lebih banyak dari protein. Karena pada pagi hari, akitivitas pasti lebih padat. Karbohidrat dan lemak lebih cepat diproses menjadi energi daripada protein. Tapi tetap disesuaikan dengan kebutuhan yaaaa, jangan sampai berlebihan. Dan pilih juga lemak baik seperti alpukat, atau menggunakan minyak zaitun pada masakan, serta pilihlah karbohidrat kompleks seperti pada beras merah untuk mngurangi proses pembentukan gula dalam darah. Jadi sayur dan buah sangat baik dimakan pada saat sarapan.


    Setelah sarapan, jangan langsung minum air putih yaa, kecuali tersedak 😊 Fungsinya, agar enzim-enzim dalam lambung dapat bekerja dengan baik dalam memecah makanan yang kalian makan tadi. Biarkan selama 2 jam, baru setelah itu kira-kira pukul 10.00 kalian bisa minum air putih......


    Jam 10.30, kalian bisa ngemil yaaa,,, apa aja boleh. Kue, roti, dengan secangkir kopi atau teh. Cukup sepotong aja,,, agar tidak penuh perutnya. Itu pun kalo kalian ppengen ngemil yaaa, kalo enggak lebih baik minum air putih saja.


    Sekitar jam 12.00 - 13.00, kalian bisa makan siang. Nah, pada siang hari tambahkan pro0tein pada menu kalian. Bisa daging atau telur, bisa juga kacang-kacangan sesuai selera kalian. Pada siang hari meuju sore hari, kegiatan berat mungkin sudah mulai menurun, jadi asupan karbohidrat dan lemak dikurangi agar tidak menjadi timbunan lemak. Maka proteinlah yang paling tepat dikonsumsi pada siang hari, karena proses pengolahannya yang lama, sehingga perut terasa kenyang lebih lama.
    Dan ingat, tetap jangan minum air setelah makan. Beri waktu 2 jam setelah makan baru mengonsumsi air putih.


    Jadi sekitar pukul 15.00 kalian bisa minum air. Biasanya sih. jam 3 sore, kita merasa lapar. Tapi menurut pengalaman saya, ketika saya mengikuti pola ini, maka perut akan terasa kenyang lebih lama.

    Sepulang kerja, sekitar jam 17.30 minumlah air putih, untuk membersihkan perut. Kemudian makan pada pukul 18.00-19.00 Pada saat makan malam, kombinasikan makanan kalian antara nasi, sayur dan protein secara seimbang. Dan minumlah air hangat setalah 2 jam (21.00). Setelah jam 21.00 kita mulai dengan diet puasa 10 jam. Nah pada saat kita berpuasa selama 10 jam ini, tubuh akan melakukan perbaikan sel-sel tubuh kita sehingga menjadi lebih sehat.


    Okee,,, yang saya sampaikan tadi hanya ilustrasi saja yaaaa. Kalian bisa sesuaikan dengan jam makan kalian, yang penting adalah minum air setengah jam sebelum makan, dan 2 jam setelah makan. Itu adalah dasar pengaturan pola makan kalian. Jamnya tetap kalian yang tentukan sendiri.




    TIPS #5

    Makanlah makanan alami dengan komposisi lebih banyak makanan nabati daripada makanan hewani. Kalaupun ingin makan makanan hewani, lebih berfokus pada ikan dan seafood. Makan daging merah sebenarnya boleh, tapi dianjurkan untuk jarang mengkonsumsinya. Serta produk olahan yang banyak mengandung gula, dan zat aditif lainnya sangat tidak dianjurkan.

    Lakukan semuanya dengan perasaan bahagia dan tanpa tekanan yaa. Sebab hal itu sangat penting dalam mendisiplinkan diri.


    SELAMAT MENCOBA GUYSSS!!!

    GANBATTE💪💪💪

    Terimakasih telah membaca Tips Diet Yang Menyenangkan, jangan lupa tinggalkan reaksi & komentar kalian di bawah ini. Jika kalian suka dengan artikel ini, support penulis dengan cara share artikel ini ke sosmed kalian 😊

    Written by,
    Diah Agustini

    Tidak ada komentar

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.