Ad

ad728
  • News

    Ragam Manfaat Minyak Kelapa Murni (VCO)

    Hai sahabat!!!
    Salam sehat dan bahagia selalu yaaa,,,,,

    Kali ini aku ingin membahas tentang manfaat minyak kelapa murni yang diproses secara tradisional oleh nenek moyang kita sejak dahulu.

    Tapi sebelumnya, kita harus mengenal kandungan nutrisi yang terdapat dalam si minyak kelapa murni ini, atau sekarang istilah kerennya adalah VCO (Virgin Coconut Oil).

    Ilustrasi VCO / nyaribisnis.com

    Kelapa, seperti yang kita tahu adalah tanaman tropis yang banyak tumbuh di negara-negara Asia, salah satunya adalah di Indonesia. Setelah sebelumnya sempat pudar pada tahun 1970-an, akhirnya pada tahun 2000-an banyak dilakukan penelitian-penelitian mengenai khasiat dari minyak kelapa ini.

    Minyak kelapa murni 90%-nya adalah terdiri dari lemak jenuh Trigliserida rantai menengah, yang terasimilasi dengan baik dalam sistem tubuh kita. Artinya lemak yang terkandung dalam minyak kelapa ini mudah diserap oleh tubuh kita lhoo,,,,

    Kalau kita jabarkan komposisi lemak dari minyak kelapa yaitu :
    40% adalah Asam Laurat, sisanya adalah Asam Kaprat, Asam Kaprilat, Asam Miristat, Asam Palmitat, Asam Oleat, Asam Linoleat, dan Asam Stearat.

    Tahukah kamu, bahwa Asam Laurat yang terkandung dalam minyak kelapa tersebut, oleh tubuh manusia akan diubah menjadi Monolaurin yang dipercaya dapat membantu melawan virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit seperti Herpes, Influenza, dan Cytomegalovirus.

    Baiklah, sekarang aku jelaskan tentang manfaat yang luar biasa dari si minyak kelapa murni ini yaaa...

    Untuk Rambut

    Menurut Joshua Zeichner, seorang Dokter Kulit, yang dikutip dari laman Women's Health, kandungan asam lemak yang tinggi pada minyak kelapa dapat mengurangi bakteri di kulit kepala yang biasa menyebabkan munculnya ketombe.

    Sementara menurut Dokter Kulit Gary Goldenberg, minyak kelapa juga memiliki sifat anti peradangan yang dapat mengurangi peradangan di kulit kepala, serta Asam Lauratnya dapat memperkuat dan melembabkan rambut.

    Gunakan minyak kelapa murni atau bisa juga dicampurkan dengan perasan air jeruk nipis untuk menambahkan antioksidan dan vitamin C. Usapkan dan pijat perlahan secara merata pada kulit kepala, untuk memberikan efek rileks dan menenangkan. Lalu diamkan semalam, dan kemudian keramas dengan air hangat esok paginya. Niscaya rambutmu akan lembut berkilau, dan tidak kering.

    Untuk Kulit

    1. Asam Laurat dan Asam Kaprilat dalam minyak kelapa dikenal sangat membantu dalam mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Juga, jenis asam lemak ini dapat meratakan warna kulit dan menghilangkan jerawat. Selain itu, minyak kelapa telah terbukti membantu mengobati eksim yang ditandai dengan ruam bersisik dan gatal. Bahkan untuk ruam kulit pada bayi dan anak-anak akibat cuaca panas pun dapat diobati dengan minyak kelapa ini. Karena memiliki sifat anti inflamasi dan menghilangkan rasa sakit dengan cara meningkatkan status antioksidan, maka minyak kelapa murni ini sangat ampuh untuk mengobati penyakit kulit. Caranya cukup dioleskan pada daerah yang sakit dan meradang.
    2. Menjaga kulit tetap terhidrasi. Dalam sebuah penelitian, bahwa minyak kelapa secara signifikan mampu meningkatkan hidrasi kulit atau melembabkan kulit. Pada saat kita demam, tubuh terasa panas, hal ini terjadi karena otak kita mendeteksi adanya penyakit yang menyerang tubuh kita. Maka otak akan mengirim sinyal ke sistem imun untuk membentuk antibodi melawan sumber penyakit. Jadi sebenarnya, jika tubuh kita demam, itu tandanya sistem imun sedang bekerja. Tapi jika kita minum obat penurun panas, maka otak akan mengirim sinyal ke sistem imun, bahwa penyakit berhasil dilumpuhkan padahal itu boong!!! Jadi ada baiknya jika kita membiarkan tubuh kita bekerja sesuai sistem tubuh tanpa dicampuri dengan obat-obatan apalagi kimia. Nahhh,,,, untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat demam, minyak kelapa murni sangatlah baik untuk menenangkan tubuh kita dan tetap menjaga hidrasi pada tubuh, caranya dengan membalurkan minyak kelapa ke seluruh tubuh kita sambil dipijat secara perlahan. Hal ini juga sangat baik pada bayi dan anak-anak yang sedang demam dan rewel lhooo....
    3. Menyembuhkan Luka. Dalam penelitian lainnya, minyak kelapa ternyata dapat digunakan untuk mengobati luka, mempercepat penyembuhan, meningkatkan status antioksidan dan meningkatkan kadar kolagen yaitu protein penting dalam penyembuhan luka biasa maupun luka bakar ringan sampai medium.


    Untuk Kesehatan

    1. Minyak kelapa merupakan antibiotik alami untuk melawan gejala infeksi ginjal dan melindungi hati dari kerusakan.
    2. Sebagai Anti Kanker. Keton dan Asam Laurat dalam minyak kelapa memiliki efek antikanker. Karena minyak kelapa merupakan lemak, maka minyak kelapa ini dapat berpenetrasi atau masuk melalui membrane lipid (selaput lemak) dari bakteri atau virus, sehingga minyak kelapa dapat melarutkan membran lipid dari bakteri atau virus menjadi hancur.
    3. Meningkatkan Daya Ingat. Minyak kelapa, pada tahun 2004, telah dilakukan sebuah penelitian bahwa minyak kelapa dapat diserap dengan mudah dan mengisi sel-sel otak sebagi sumber energi bagi aktifitas otak. Itulah sebabnya otak menjadi sehat dan tidak gampang lupa.
    4. Mengurangi berat badan. Lemak menghemat penggunaan protein untuk sintesis, sehingga protein tidak digunakan sebagai sumber energi. Lemak ini akan masuk pada timbunan-timbunan lemak dalam tubuh dan melarutkannya sehingga menghasilkan energi untuk metabolisme tubuh dan menjaga stamina tubuh. Tetapi tetap, untuk mengurangi berat badan harus diimbangi dengan pola makan yang benar dan berolahraga untuk memaksimalkan penggunaan energi dari lemak.
    5. Untuk kesehatan pencernaan. Lemak dalam minyak kelapa berfungsi untuk memperlambat sekresi asam lambung. Artinya Lemak minyak kelapa ini menghambat keluarnya asam lambung sehingga gangguan akibat asam lambung berlebih dapat dicegah seperti maag. Dan fungsi lain dari asam lemak minyak kelapa adalah memperlambat pengosongan lambung sehingga memberi rasa kenyang lebih lama. Asam lemak minyak kelapa juga merupakan pelumas dan membantu pengeluaran sisa pencernaan. Jadi sangat baik bagi yang sering mengalami sembelit.
    6. Menyeimbangkan hormon. Asam lemak dalam minyak kelapa dapat mempercepat metabolisme tubuh, meningkatkan energi dan merangsang fungsi tiroid. Serta membantu menyeimbangkan hormon secara alami dan meningkatkan kadar estrogen, terutama selama menopause bagi wanita.

    Demikian manfaat yang bisa aku rangkum buat kalian mengenai manfaat dan khasiat minyak kelapa murni bagi tubuh kita. Namun kalian juga perlu berhati-hati dalam penggunaan minyak kelapa murni ini. Batas normal untuk kita mengkonsumsi minyak kelapa ini adalah 2 sendok per harinya. Bisa dicampurkan ke dalam smoothies, atau roti, atau masakan kalian sehari-hari, itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan lemak harian kalian. Seperti kata pepatah nenek kita dulu, apapun itu janganlah dikonsumsi berlebihan, gunakan seperlunya dan secukupnya, niscaya akan membawa kebaikan buat kita semua. Dan satu lagi, masing-masing individu memiliki sistem tubuh yang berbeda-beda, jadi hasil dari manfaat minyak kelapa ini akan berbeda pada masing-masing individu. Maka kenalilah, apakah minyak kelapa ini memberikan manfaatnya yang terbaik buat tubuh kalian.

    Selamat Mencoba!!!
    Sampai jumpa di artikel berikutnya yaaa


    Dikutip dari berbagai sumber

    Tidak ada komentar

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.