Ad

ad728
  • News

    Alasan Mengapa Minum Air Putih Hangat Baik Untuk Kesehatan

    Ilustrasi air mineral. Shutterstock/Shebeko


    Hai Kopi Cola Lovers,,,,, salam sehat selalu!

    Kali ini kita akan membahas tentang apa dan bagaimana pentingnya minum air putih bagi kesehatan tubuh kita. Tentu kalian semua sudah mengetahuinya, bahwa 60% dari tubuh kita terdiri dari air. Kekurangan air akan menimbulkan berbagai macam gangguan terhadap fisik kita, dari yang ringan hingga yang berat.

    Dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan India kuno, minum air putih hangat sangat memegang peranan penting dalam penyembuhan penyakit secara keseluruhan. Sebenarnya membiasakan diri untuk minum air putih hangat, terutama pada saat perut kosong pada pagi hari, akan mengembalikan fungsi tubuh kita secara alami dan sederhana.

    Bagaimana Air Putih Hangat Bekerja Pada Saat Perut Kosong

    Pada pagi hari, lambung kita sudah dalam keadaan kosong. Makanan yang kita konsumsi kemarin, pada saat kita tidur di malam hari, makanan tersebut mengalami proses pemecahan, dan penyerapan nutrisinya dalam saluran pencernaan. Oleh karena itu pada saat pagi hari, tubuh kita sangat memerlukan air putih untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal dari lambung menuju usus besar.

    Lalu Mengapa Harus Air Hangat?

    Air putih yang dingin atau bahkan air putih dengan suhu kamar tidak dapat bekerja dengan baik dalam tubuh kita. Karena suhu dalam tubuh kita berkisar antara 370 sampai 400C, maka air hangatlah yang dapat bekerja dengan baik dalam tubuh kita.


    Air putih hangat sangat membantu usus besar untuk lebih lentur sehingga dapat berkontraksi lebih baik dan mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh. Minum air putih hangat sangat membantu bagi kalian yang mengalami sembelit atau konstipasi. Selain itu, minum air putih hangat pada waktu perut kosong, sangat membantu otot-otot pencernaan untuk lebih rileks setelah seharian penuh memproses makanan yang kalian makan.

    Cara Yang Benar Minum Air Putih Hangat

    Tahukah kalian, bahwa waktu yang paling baik untuk minum air putih hangat adalah pada saat perut kita kosong dan 30-45 menit sebelum kita makan.

    Mengapa?

    Karena, air memerlukan waktu sekitar 30-45 menit untuk membersihkan sampah di dalam pencernaan. Jadi, jika kita makan setelah kita minum air putih, maka makanan itu justru sangat mengganggu kerja si air ini dalam membersihkan sampah. Tubuh akan bekerja lebih keras lagi. Memang hal ini tidak akan terasa saat kita masih muda, dimana sel-sel tubuh kita masih memiliki kemampuan yang maksimal. Tetapi saat umur kita menjelang 40 tahun, dimana kerja tubuh kita mulai menurun, maka berbagai macam penyakit akan timbul, hanya karena kesalahan kita tidak membiarkan tubuh bekerja secara alami.

    Minumlah air hangat sebanyak 2-3 gelas atau sekitar 200ml pada waktu bangun tidur. Kalau belum terbiasa, minumlah 1 gelas dahulu, kemudian 5-10 menit kemudian minum 1 gelas lagi. Hal ini bertujuan untuk menghindari mual.

    Setelah 30-45 menit minum air putih hangat, kalian bisa mengkonsumsi makanan dan minuman lainnya (selain air putih lho!).

    Mengapa Kita Tidak Disarankan Mengkonsumsi Minuman Lain Selain Air Putih Hangat Pada Waktu Perut Kosong?

    Karena, minuman lain selain air putih, pasti mengandung gula atau nutrisi lain, yang tentu saja membuat lambung mengeluarkan asam lambung, enzim dan hormone gastrin untuk mencerna zat-zat yang terkandung dalam minuman itu. Jadi minuman yang mengandung gula walaupun hangat, termasuk ke dalam makanan yang harus dicerna, bukan berfungsi sebagai pembersih saluran pencernaan yaaaa guys!!!

    Selama makan dan setelah makan, baik makan pagi, makan siang atau makan malam, tidak dianjurkan untuk minum air putih. Berikan jeda waktu sekitar 1,5-2 jam untuk minum.

    Mengapa?

    Hal ini berfungsi agar air putih tidak mengganggu kerja dari asam lambung, enzim dan hormone gastrin untuk memecah makanan menjadi pasta. Sebab dengan minum air putih saat makan atau sesudah makan, akan menetralkan asam lambung. Padahal, asam lambung dapat bekerja dengan baik pada keadaan asam dengan PH antara 1-3.

    Setelah 2 jam, barulah kita dapat minum air putih untuk melanjutkan proses pencernaan.

    Dengan mengembalikan fungsi alami tubuh kita, tentu saja sangat berpengaruh pada kesehatan kita. Baik bagi kalian yang sedang dalam masa penyembuhan, yang sedang dalam proses menurunkan atau menaikkan berat badan, serta bagi kalian yang sangat memperhatikan Kesehatan.

    Demikian ulasan kita pada hari ini, semoga bermanfaat yaaaa……

    Salam Sehat!!!

    Tidak ada komentar

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.