Ad

ad728
  • News

    Resep Membuat Oyakodon yang Simpel

    Resep Membuat Oyakodon yang Simpel ditulis oleh: KopiCola. Hi KopiCola Lovers, kali ini admin share resep kuliner khas jepang yaitu Oyakodon . Oyakodon adalah nasi yang disajikan dalam mangkok besa...
    Estimasi waktu baca artikel ini adalah: . Selamat Membaca..

    Hi KopiCola Lovers, kali ini admin share resep kuliner khas jepang yaitu Oyakodon. Oyakodon adalah nasi yang disajikan dalam mangkok besar lalu diatasnya diisi ayam dan telur. Sama halnya seperti Tempura-don (nasi yang diatasnya berisi tempura) atau juga gyu-don (nasi yang diatasnya diisikan daging yang telah dimasak).


    Ilustrasi Oyakodon Photographed by. J. Kenji López-Alt (seriouseats.com)

    Makanan yang disajikan dalam mangkuk seperti Oyakodon, Gyudon, Tempuradon dan lain sebagainya itu disebut dengan Donburimono. Banyak sekali jenis donburimono di Jepang makanan ini merupakan jenis makanan sehari-hari bagi masyarakat jepang dan sangat digemari di restoran atau juga di rumah. Anda juga dapat mengkreasikan sendiri jenis donburimono yang sesuai selera anda.


    Nah.. berikut ini saya bagikan resep Oyakodon yang simpel untuk dicoba di rumah.


    Bahan Oyakodon

    • 160 Gram Ayam Tanpa Tulang
    • 100 Gram Bawang Bombay
    • 3 Butir Telur
    • 4 Cawan Nasi yang Baru di Masak/ yang Masih Panas (ukuran mangkuk standar)


    Saus Oyakodon

    • 1 Cangkir (200ml) Air
    • 1 Sdm (9gr) Gula Pasir
    • 2 Sdm (30ml) Kecap Asin


    Cara Memasak Oyakodon

    1.  Potong ayam dan bawang bombay. Buatlah potongan memanjang menjadi irisan selebar 2 cm lalu letakkan setiap potongan memanjang sejajar dengan anda lalu dipotong lagi menjadi irisan berukuran 3mm.
    2. Kocok 3 butir telur dalam mangkuk
    3. Campurkan bahan-bahan untuk saus dalam penggorengan dan masak sampai mendidih.
    4. Setelah mendidih, sebarkan irisan ayam dan bawang secara merata di atasnya lalu tutup penggorengan dan masak dengan api kecil selama ± 4 menit.
    5. Setelah 4 menit buka tutupnya lalu tuangkan telur yang telah dikocok tadi kedalam penggorengan. Masak sampai telurnya setengah matang.
    6. Setelah telurnya setengah matang, matikan api lalu tutup kembali penggorengan selama 1 - 2 menitan agar panasnya merata.
    7. Siapkan nasi panas ke dalam 4 buah mangkuk besar, lalu tuangkan campuran ayam, telur dan saus diatasnya.
    8. Siap disajikan.

    Nah itu dia resep untuk membuat 4 porsi Oyakodon yang simpel dan siap dipraktekkan di rumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat..


    sumber: japanesestation.com

    Terimakasih telah membaca Resep Membuat Oyakodon yang Simpel, jangan lupa tinggalkan reaksi & komentar kalian di bawah ini. Jika kalian suka dengan artikel ini, support penulis dengan cara share artikel ini ke sosmed kalian 😊

    Written by,
    KopiCola

    Tidak ada komentar

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.