Ad

ad728
  • News

    Lima Ratus Ribu Lebih Akun ZOOM Dijual di Dark Web

    Aplikasi ZOOM merupakan aplikasi layanan video konferensi yang sangat populer apalagi di masa kebijakan Work From Home (WFH) akibat imbas dari wabah virus corona. Dilansir dari CNN Indonesia, Lebih dari 500 ribu akun ZOOM dilaporkan dijual di forum hacker dan dark web.

    Ilustrasi Zoom by. Olivier DOULIERY / AFP

    Dark web/ dark net adalah sebuah bagian dari internet yang tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya. Cara hacker untuk mengambil/nge-hack akun pengguna ZOOM adalah dengan cara membobol salah satu akun lalu ia melakukan login dengan akun tersebut dan mencoba untuk meretas sistem privasi data ZOOM. Setelah berhasil untuk meretas ratusan ribu akun, lalu hacker tersebut menjualnya ke hacker lain.

    Akun-akun yang dijual ke hacker lain dimaksudkan untuk melakukan serangan Zoombombing, seperti dikutip MacRumors. Zoombombing adalah serangan dari hacker seperti gangguan dari luar yang nge-hack konferensi video dan mengirimkan gambar-gambar tak senonoh, ujaran kebencian serta ancaman. Seperti cuitan sebuah akun di twitter "Hati hati gais, aku jg pengguna zoom 😭" dipostingan tersebut dilampirkan tangkapan layar dari sebuah story yang menceritakan pengalamannya menggunakan aplikasi Zoom lalu tiba-tiba hp nya tidak bisa dikendalikan (kemungkinan sudah dikendalikan oleh hacker) berikut postingan di akun twitter tersebut.
    Perusahaan intelijen Amerika Serikat, Cybersecurity Cyble mengatakan kepada jurnalis Bleeping Computer bahwa pada 1 April lalu mereka melihat ada proses jual beli akun Zoom di salah satu forum hacker. Menurut laporan Cybersecurity Cyble, 290 akun Zoom memiliki keterkaitan dengan beberapa universitas di Amerika seperti University of Vermont, University of Colorado, University of Dartmouth, University of Lafayette dan masih banyak lagi.

    Ada juga dari akun-akun Zoom beberapa perusahaan ternama di AS seperti Citibank dan Chase. Peretas menjual akun-akun tersebut dengan harga yang sangat murah yaitu US $ 0,00020 sen/akun. Tidak hanya mendapatkan akun aja, hacker juga mendapatkan alamat email, kata sandi, dan alamat link Zoom ketika perusahaan lain hendak mengadakan rapat.

    Video: 530 Ribu Data Akun Zoom Diperjualbeli Hacker di Dark Web


    Nah.. ada gak nih dari kalian yang memiliki akun Zoom? untuk mengantisipasinya lebih sering untuk mengganti password di aplikasi zoom. Jika kalian sudah pernah ada sesuatu yang janggal seperti story yang cantumkan pada twitt post diatas, maka kalian harus melakukan langkah antisipasi seperti :
    1. Ganti password Zoom kamu. Dahuluin akun zoom untuk diganti passwordnya untuk mengantisipasi jika hacker yang telah memiliki passwordnya mengakses data-data pribadi kita.
    2. Setelah password Zoom diganti selanjutnya kamu harus mengganti semua password dari akun-akun yang kamu miliki. Mulai dari email, semua akun sosmed dan terutama password M-banking kalian diamankan juga jangan lupa.
    3. Setelah mengganti password semua akun, jika ada sebuah akun yang ter-connect ke beberapa device, coba di logout di semua device (seperti misalnya di gmail memiliki akses untuk melihat device mana saja yang login akun gmail kita).
    4. Setelah kalian merasa semuanya aman, usahakan jangan menyimpan password di browser/ di aplikasi (seperti misalnya: diberikan pertanyaan oleh browser untuk "simpan kata sandi?" pilih saja tidak). meski dirasa aman, kita tidak tau juga apa yang kemudian akan terjadi jika kita memilih untuk mempermudah kita login di sebuah akun lalu menyimpan kata sandi di aplikasi tersebut. Karena kita awam masalah-masalah tentang hacker harus extra hati-hati.
    5. Setelah semuanya selesai, kalian harus sering-sering menganti password akun zoom kalian jadwalkan saja misalnya seminggu 2 kali. dan passwordnya disimpan aja di buku agar kalian tidak kelupaan lalu kehilangan akses. Atau jika lebih bagus lagi kalian buat akun baru untuk antisipasi ekstra.
    Itu dia 5 Tips yang bisa mimin sampaikan ke kalian, semoga dapat membantu kalian semua dan terjauh dari serangan-serangan hacker seperti itu.

    Tidak ada komentar

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.