Ad

ad728
  • News

    Sanghyang Heuleut Hidden Paradise in Bandung



    Sumber foto: dolandolen.com
    Sanghyang Heuleut, pernah dengar nama itu? Yup satu destinasi yang membawa kita seperti ke pemandian para bidadari. Tempatnya sungguh tersembunyi, tapi jangan takut untuk tersesat yah karena setiap jalurnya dilengkapi petunjuk arah. Sanghyang Heuleut merupakan danau jernih yang dikelilingi tebing kokoh. Lokasinya bertepatan di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kab. Bandung Barat. Hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000 kalian bisa sepuasnya main di tempat indah ini. Lama perjalanan dari kota Bandung yaitu sekitar 2 jam.

    Apa yang menarik di Sanghyang Heuleut?

    Sanghyang Heuleut adalah danau yang mengalir di atas arus sungai Citarum kuno. Salah satu danau purba yang susunan bebatuannya bisa dilihat langsung. Uniknya, banyak orang percaya bahwa tempat ini digunakan untuk mandi bidadari. Seperti cerita rakyat yang berkembang di tanah Sunda. Arti Sanghyang Heuleut sendiri terdiri dari dua kata, yaitu, Sanghyang berarti tempat suci. Kemudian, Heuleut berarti interval atau waktu. Ada sekitar 3 Sanghyang yang bisa dinikmati di wilayah ini. Ketiganya memiliki pesona dan fungsi yang berbeda. Begitupun dengan kisah mistis yang berkembang pesat di kalangan warga setempat. Mitos yang selalu dipercaya dan dipertahankan erat sebagai keanekaragaman budaya yang cukup menarik untuk didengarkan. Selain itu, Sanghyang Heuleut, masih ada Sanghyang tikoro. Di mana Tikoro berarti kerongkongan. Nah, menurut cerita penduduk, Sanghyang adalah tempat di mana air danau kuno yang misterius menghilang. Faktanya, misteri ini belum dijawab.

    Kapan waktu yang tepat ke Sanghyang Heuleut?

    Get the information as detailed as possible, faktanya waktu saya kesini airnya keruh, coklat dan tidak hijau. Mengapa? karena air hujan mengikis bebatuan yang ikut mengendap ke dalam danau, tapi tenang masih aman untuk berenang disana.

    Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di Sanghyang Heuleut?

    Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat bepergian di danau ini. Baik itu sendiri, dengan pasangan, teman atau keluarga. Pertama tentu saja, kalian bisa berenang di sana sambil berendam untuk melihat keindahan panorama alam di Sanghyang Heuleut. Lelah bermain air kalian bisa beli jajanan di sekitar warung atau bahkan memasak sendiri, bring your own equipment of course.
    Setelah itu, kalian dapat mengabadikan momen terbaik melalui foto. Selain menghilangkan kepenatan, tentu saja bisa menambah koleksi foto di media sosial. Atau jika malas berenang, kalian dapat benar-benar menikmati eksotisme tiga Sanghyang melalui tebing batu di sana. Tapi harap berhati-hati untuk pergi ke lokasi yang tinggi itu. Karena harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 hingga 2 jam untuk sampai ke puncak.
    Jalan yang dilaluinya tidak main-main. Selain trek yang cukup curam, jalur di sana juga didominasi oleh batuan yang sangat licin saat hujan. Namun semua kelelahan tidak akan sia-sia, karena keindahan alam yang akan kalian saksikan saat trekking. Kalian bisa melihat panorama hijau hutan, bebatuan purba, hingga danau seperti mangkuk raksasa yang menawan.
    Gimana menurut kalian? Pastu serukan apalagi sehabis kerja di kota yang minim penghijauan, tentunya destinasi Sanghyang Heuleut bisa dijadikan pilihan short trip menakjubkan.

    Tidak ada komentar

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.