Ad

ad728
  • News

    Manfaat Mengkonsumsi Lobster Untuk Kesehatan

    Manfaat Mengkonsumsi Lobster Untuk Kesehatan ditulis oleh: Mr. Monday. Estimasi waktu baca artikel ini adalah: . Selamat Membaca..

    Hai.. KopiCola lovers, kalian tau gak ternyata lobster itu baik untuk kesehatan? Biasanya kita diperingatkan untuk tidak makan lobster agar tidak terkena kolesterol. Yap.. apapun itu kalau kita konsumsi berlebih pastinya akan jadi penyakit untuk tubuh kita. Tapi tau gak.. ternyata lobster dapat mencegah penyakit Tiroid, Anemia, bahkan Depresi. Nah.. pada artikel kali ini mimin bakalan bahas tentang manfaat lobster untuk kesehatan.

    manfaat mengkonsumsi lobster untuk kesehatan
    Ilustrasi Lobster (image source: pxhere)

    Lobster pada jaman sekarang seringkali dianggap makanan mewah karena harganya yang lumayan mahal dan proses pengolahannya. Padahal dulunya sekitar abad tujuh belasan, lobster ini menjadi lambang kondisi ekonomi kurang mampu di Massachusetts. Pada masa itu, lobster hanya diberikan untuk narapidana dan asisten rumah tangga dan pada tahun 1940 harga lobster kalengan jauh lebih murah daripada kacang kalengan. Tapi pada jaman sekarang lobster menjadi primadona makanan mewah. Nah sebelum kita menuju ke pembahasan manfaat lobster untuk penyakit tiroid, anemia dan depresi.. lebih baik kita ketahui dulu tentang resiko mengkonsumsi lobster.


    Resiko Mengkonsumsi Lobster

    Lobster bisa saja mengandung merkuri, yang artinya.. ada resiko keracunan merkuri apabila dikonsumsi lebih dari enam kali sebulan. Terlebih lagi untuk ibu hamil yang sebaiknya menghindari asupan makanan tinggi merkuri.

    Untuk pengolahan lobster pun harus memastikan lobster ini dalam kualitas yang tetap baik agar aman dikonsumsi. Ketika mengambil lobster dari freezer, segera simpan di chiller jangan sampai dibiarkan mencair di suhu ruangan karena akan memberi ruang bagi tumbuhnya bakteri.

    Dalam pengolahan lobster, ingat dipilih lobster yang masih segar dan tidak berbau amis. Apabila baunya amis atau cukup mengganggu sebaiknya segera dibuang dan tidak diolah lagi.


    Benarkah Mengkonsumsi Lobster Buat Kolesterol Naik?

    Biasanya jika kita mengkonsumsi lobster seringkali dikaitkan dengan kandungan kolesterol yang tinggi. Meski demikian beberapa studi kasus menyatakan bahwa tidak semua kandungan  kolesterol pada makanan itu berbahaya untuk tubuh.

    Dalam setiap 145 gram lobster yang telah dimasak, memiliki kandungan nutrisi:

    • Lemak: 1,25 gram
    • Vitamin A: 3% AKG
    • Zat Besi: 3% AKG
    • Kalori: 123
    • Karbohidrat: 0 gram
    • Kalsium: 9% AKG
    • Protein: 27,55 gram

    Selain kandungan nutrisi tersebut diatas, Lobster juga mengandung copper, selenium, zinc, magnesium, fosfor, vitamin E, vitamin B12, serta asam lemak omega-3.

    Dibandingkan dengan konsumsi lobster, asupan lemak jenuh lebih memberi dampak yang signifikan terhadap kenaikan kolesterol. Meski lobster memiliki kandungan lemak yang tinggi, lobster bukan merupakan sumber lemak jenuh.


    Manfaat Mengkonsumsi Lobster Untuk Kesehatan

    1. Mengatasi Penyakit Tiroid

    Kandungan selenium dalam lobster, dapat mengoptimalkan fungsi tiroid. Mineral ini bekerja selayaknya antioksidan sekaligus membantu tiroid menyerap dan mengendalikan hormon-hormon dalam tubuh. Dalam beberapa penelitian pada penderita penyakit tiroid, asupan selenium membuat tubuh mereka menjadi lebih baik dan merasa bugar. Selain itu juga membuat mood menjadi lebih baik dan tentunya fungsi tiroid semakin maksimal.


    2. Sumber Asam Lemak Omega 3

    Tak banyak makanan yang mengandung asam lemak omega 3, tapi lobster adalah salah satu makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Dalam 85 gram lobster terdapat 200 - 500 mg omega 3. Asupan zat ini dapat menurunkan resiko mengalami diabetes, obesitas serta penyakit jantung.


    3. Mengatasi Anemia

    Anemia itu terjadi ketika sel darah merah tidak mencukupi atau tidak berfungsi selayaknya. Lobster mengandung copper yang dapat mengatasi anemia dan terlebih lagi, lobster adalah sumber makanan yang memiliki kandungan copper yang paling tinggi.


    Yap.. itu dia manfaat mengkonsumsi lobster untuk kesehatan. Dengan ragam manfaat yang diberikan lobster, tidak ada salahnya kita mengkonsumsinya sesekali asal jangan berlebihan. Tapi tetep waspada bagi penderita alergi dengan hewan air ya... semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. 

    (Sumber)

    Terimakasih telah membaca Manfaat Mengkonsumsi Lobster Untuk Kesehatan, jangan lupa tinggalkan reaksi & komentar kalian di bawah ini. Jika kalian suka dengan artikel ini, support penulis dengan cara share artikel ini ke sosmed kalian 😊
    Mr. Monday

    3 komentar:

    1. Waktu hamil aku rajin bgt konsumsi lobster. Padahal gak suka. Tp demi bayiku, dipaksain aja 😁

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wah... Perjuangan seorang ibu.. tapi pas setelah lahir apa jadi suka lobster apa nggak nih? 🤔

        Hapus
      2. Anak aku suka sekali lobster. Tp aku ttp pada pendirian semula. Gak suka. 😂😂

        Hapus

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.