Ad

ad728
  • News

    Review Buku The Secret of Ikigai

    Hellow you guys! Selama ini aku selalu menulis review tentang novel atau cerita fiksi. Aku jarang sekali menyentuh bacaan yang sifatnya non-fiksi. Namun karena beberapa waktu lalu aku menemukan sebuah buku yang topiknya sering sekali dibicarakan oleh teman-teman aku di sosial media, maka aku pun mencoba untuk membaca buku tentang topik tersebut.

    Aku sedang membicarakan Ikigai, sebuah konsep tentang keseimbangan hidup dari Jepang. Buku yang akan aku bahas kali ini berjudul The Secret of Ikigai yang ditulis oleh Irukawa Elisa. Awalnya aku memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap buku ini. Tapi ada beberapa hal yang di dalamnya membuatku sedikit kecewa. Oke, simak saja langsung penjelasanku.



    Judul: The Secret of Ikigai
    Penulis: Irukawa Elisa
    Penerbit: Araska Publisher
    Cetakan Ke: 1
    Tahun Terbit: 2019
    Tebal: 224 hlm
    ISBN: 979-623-7145-24-0
    Harga: Rp. 49.000


    Ikigai adalah sebuah konsep dalam masyarakat Jepang untuk menemukan tujuan hidup dan kebahagiaan. Untuk dapat menemukan apa Ikigai masing-masing, ada empat pertanyaan yang wajib ditanyakan kepada diri sendiri, yaitu:

    Apa yang kamu sukai?
    Apa yang dibutuhkan dunia?
    Apa timbal balik untuk anda?
    Apa kemampuan anda?

    Ikigai terdiri dari empat elemen yang harus diterapkan untuk memperoleh sebuah titik tengah yang nantinya di titik tengah itulah Ikigai kita berada. Empat elemen itu diantaranya: passion, mission, profession, dan vocation

    Di dalam buku The Secret of Ikigai ini dijabarkan dengan jelas bagaimana cara mendapatkan keempat elemen tersebut. Semua penjelasannya berdasarkan teori-teori psikologi. Hanya saja yang membuatku agak kecewa adalah pilihan kata dalam buku ini sedikit sulit untuk dipahami. Saat membaca buku ini aku seolah-olah dibawa berputar-putar  sebelum akhirnya sampai pada topik yang dibicarakan.
    Ada banyak sekali typo dalam penulisannya yang akan membuat bingung bagi kamu yang baru mulai memiliki kebiasaan membaca. Secara keseluruhan, buku ini dapat menambah pengetahuan terutama di bidang psikologi perkembangan dan kepemimpinan. Buku ini masih bisa kamu beli di Gramedia terdekat. Sekian saja dari aku. Thanks for reading and have a nice day.

    Tidak ada komentar

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.