Ad

ad728
  • News

    Review Novel Kim Ji Yeong, Lahir Tahun 1982

    Hellow you guys! Hayo, siapa disini yang ngefans berat sama aktor Korea Gong Yoo? Aku yakin kalian pasti tahu film terakhir yang dibintanginya tahun 2019 lalu. Ya, judul film itu Kim Ji Yeong Born 1982.


    Film tersebut sebenarnya merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama. Aku akan mengulas novel yang ditulis oleh Cho Nam Joo tersebut untuk artikel kali ini. Nggak usah lama-lama, ayo mari disimak!


    Judul: Kim Ji Yeong, Lahir Tahun 1982
    Penulis: Cho Nam Joo
    Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
    Penerjemah: Lingliana
    Cetakan ke: 2
    Tahun Terbit: Desember 2019
    Tebal: 192 hlm
    ISBN: 9786020636191


    Kim Ji Yeong, Lahir Tahun 1982 menceritakan tentang Kim Ji Yeong yang lahir di keluarga yang mengharapkan anak laki-laki. Dia menjadi siswi di sekolah yang sering menjadi bulan-bulanan guru laki-laki. Saat mendapatkan pelecehan di dalam bus saat pulang ke rumah di malam hari, Ji Yeong malah yang dimarahi oleh ayahnya. Ji Yeong kemudian menikah dan memiliki anak jadi dia terpaksa melepaskan karirnya demi mengasuh anaknya. Kim Ji Yeong pun mulai bertingkah aneh. Dia seperti menjadi orang lain. Kim Ji Yeong mulai mengalami depresi.

    Karakter Kim Ji Yeong disini sangat mewakili nasib banyak perempuan di dunia ini. Dia ditindas atas dasar gendernya. Dia dipaksa menerima bahwa anak laki-laki harus didahulukan dalam hal apapun. Kim Ji Yeong amat sangat pendiam. Dia sebenarnya memiliki banyak kesempatan untuk melawan semua omongan merendahkan dari orang lain tapi Ji Yeong memilih mengucapkannya dalam hati saja. Aku kurang suka pada suami Kim Ji Yeong, Jeong Dae Hyeon (yang dalam film diperankan oleh Gong Yoo). Dia kurang memiliki pengertian terhadap Ji Yeong dan masih sedikit patriarkis.

    "Itu memang pekerjaan yang bagus ketika kita sudah punya anak. Kalau begitu, bukankah itu pekerjaan yang bagus untuk semua orang? Kenapa hanya bagus untuk wanita? Memangnya wanita melahirkan anak sendirian? Ibu, apakah Ibu juga akan berkata seperti ini kepada anak laki-laki Ibu? Apakah Ibu akan mengirim anak bungsu Ibu ke sekolah keguruan?" (Hal. 68)

    Kalau kamu kurang menyukai novel yang banyak narasi, mungkin Kim Ji Yeong, Lahir Tahun 1982 akan terasa membosankan. Soalnya novel ini hampir 85%-nya berisi narasi dengan alur yang cukup cepat. Ada juga tambahan data statistik tentang peran dan posisi perempuan dalam tatanan masyarakat Korea, yang angkanya menunjukkan perbedaan yang sangat mencolok antara laki-laki dan perempuan.

    Kim Ji Yeong, Lahir Tahun 1982 memperlihatkan pada kita bagaimana di negara maju seperti Korea Selatan, posisi perempuan masih nggak setara dengan laki-laki. Bagaimana dengan negara berkembang seperti Indonesia? Buat kamu yang tertarik dengan isu kesetaraan gender, novel ini bakal membuat emosi kamu naik ke level tertinggi. Soalnya banyak sekali adegan yang merendahkan wanita di dalamnya. All right, sekian dulu review kali ini. Hope you enjoy this and have a nice day!

    Tidak ada komentar

    Top Ad

    ad728

    Bottom Ad

    ad728
    Diberdayakan oleh Blogger.